BKN: Sejumlah Jabatan ASN Akan Hilang

INIPASTI.COM, JAKARTA-  Sejumlah pekerjaan atau jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dihilangkan. Ini berimbas dengan penerapan work from home (WFH) yang beberapa jabatan digantikan oleh teknologi. Badan Kepegawaian Negara menyadari bahwa posisi jabatan bisa digantikan teknologi 4.0.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, setelah kurang lebih 3 bulan penerapan work from home (WFH) bagi ASN akibat dampak COVID-19, sejumlah jenis jabatan atau bidang pekerjaan akan diuji kembali.

Inline Ad

Rana jabatan itu di ruang lingkup ASN direncanakan akan dievaluasi kembali. Hal ini juga diimbangi dengan bekerja di kantor saat era new normal.

Baca Juga:  Wadah Pegawai KPK Berpotensi Bubar Usai Jadi ASN

“Akan ada sejumlah pekerjaan atau jabatan ASN yang hilang karena digantikan teknologi. Apalagi penerapan WFH akan terus berlangsung meski nanti COVID-19 sudah melandai. Tentunya diimbangi dengan work from office (WFO),” kata Bima, Sabtu (20/6), dikutip JPNN.com

Evaluasi jabatan PNS dan PPPK dilatarbelakangi adanya kebutuhan kompetensi yang harus disesuaikan dan tetap produktif di tengah kondisi birokrasi yang “dipaksa” serba digital saat ini.

Bima menjelaskan akan adanya perubahan tren pekerjaan ASN memasuki era new normal.

Baca Juga:  Tjahjo Kumolo, PNS memungkinkan Kerja dari Rumah

Bima menguraikan empat unsur utama yang terdiri dari aspek information, media, and technology skills; life and career skills; learning and innovation skills; dan effective communication skill.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.