Brunch Talk Edisi #44 Kenal Dekat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unhas

INIPASTI.COM, Seri Brunch Talk Edisi #44 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang dibahas yakni Meneliti dan Mengabdi Untuk Negeri: Seputar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Selasa (01/12).

Hadir sebagai narasumber adalah Ketua LPPM Unhas, Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si. Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan secara umum mengenai LPPM mulai dari sejarah terbentuk hingga tugas dan fungsinya sebagai salah satu unit kerja di Unhas.

Inline Ad

Prof Alimuddin menuturkan LPPM Unhas awalnya terdiri atas dua lembaga yang berdiri sendiri yakni Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat. Namun, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unhas No.2630/H4/0/2010 tanggal 29 Juni 2010, kedua lembaga diintegrasikan menjadi, yang saat ini dikenal sebagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM).

Baca Juga:  Kessos Anniversary Diperingati di Kampus Bermartabat

Pengintegrasian dilakukan dengan pertimbangan efisiensi dan efektifitas pengelolaan sumber daya. Ide dasarnya adalah kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada hakikatnya merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Penyatuan ini salah satunya dilakukan agar hasil penelitian dapat terhilirisasi secara optimal, melalui pengabdian kepada masyarakat. Jadi, LPPM merupakan lembaga yang cukup besar dan diharapkan memberikan dampak signifikan sebagai bentuk kontribusi dalam mendorong Unhas dalam WCU melalui publikasi riset,” jelas Prof Unde.

LPPM merupakan lembaga yang memiliki kapasitas dalam menyelesaikan serta mengadvokasi permasalahan yang berkembang dalam masyarakat. Terutama pada hal yang berkaitan dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains (Ipteks).

Baca Juga:  Unismuh Sembelih 18 Ekor Hewan Qurban

Diakhir sesi, Prof Unde menyampaikan LPPM hadir memberikan jawaban atas apa yang dibutuhkan oleh industri dan masyarakat. Sehingga, dapat berperan secara maksimal dalam mendorong peningkatan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi.

Kegiatan yang dipandu oleh Aryun Khairun Nisaa (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita.(*/mir)

Makassar, 1 Desember 2020

Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman, AMIPR

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.