Bupati dan Kakan Kemenag Gowa Kompak Ingin Tambahan Kuota Haji

Bupati Gowa Adnan Purichta IYL (tengah) dan Kakan Kemenag Gowa Anwar Abubakar berbincang dengan Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Kaswad Sartono di Kantin Asrama Haji Sudiang. (Foto:Sule)

INIPASTI.COM, SUDIANG – Tingginya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji membuat daftar calon jemaah haji semakin banyak. Akibatnya, waktu tunggu (waiting list) haji semakin lama. Begitu pula di Kabupaten Gowa, yang sampai pada bulan Juli 2018 ini daftar tunggunya sudah 16.800 lebih.

“Sampai sekarang, sudah 16.800 lebih pendaftar. Dalam satu bulan itu pendaftar bisa sampai 150 lebih. Jika dibagi dengan kuota haji Kabupaten Gowa yang hanya 612 orang pertahun, maka masyarakat yang mendaftar hari ini, nanti 28 tahun ke depan baru bisa berangkat haji,” ujar Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Gowa, Anwar Abubakar kepada tim inipasti.com.

Baca Juga:  JCH Asal Wajo Ini Sedih Berangkat Haji

Olehnya ia berharap agar kuota haji di Kabupaten Gowa ditambah. Jika ditambah, kata dia, maka waiting list calon jemaah haji tidak sampai puluhan tahun. Begitu pula yang diharapkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Orang nomor satu di Kabupaten Gowa itu ingin agar kuota haji ditambah sebanyak-banyaknya.

“Tentu kami berharap ada tambahan kuota haji. Masalah jumlah, kalau boleh sebanyak-banyaknya,” ujar bupati termuda di Kawasan Indonesia Timur ini.

Sedangkan, untuk calon jemaah haji Kabupaten Gowa tahun ini, ia menguraikan bahwa dibagi menjadi 3 Kloter. Kloter 5 yang sudah berangkat pagi tadi Jum’at, (20/7/2018), pukul 07.47 Sebanyak 281 JCH. Ada pula yang tergabung pada Kloter 6 dan Kloter 28 Embarkasi Makassar.

Baca Juga:  Pakaian Beling-beling Ala Jemaah Haji, Ternyata Harganya Selangit

“Semoga seluruh calon jemaah haji dilimpahkan kesehatan, dilimpahkan keselamatan selama melaksanakan ibadah haji, dan semoga bisa kembali ke tanah air berkumpul bersama keluarga,” tutup Bupati Adnan. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.