China Akan Hadapi Imbas Pelanggaran HAM

INIPASTI.COM – Presiden China Xi Jinping menuai kritik global karena menahan minoritas Uighur di kamp-kamp interniran dan pelanggaran hak asasi lainnya. “Yah, akan ada dampaknya bagi China dan dia tahu itu,” kata Biden tentang Xi, ketika didesak tentang masalah itu dalam acara pertemuan langsung dengan masyarakat yang disiarkan di televisi CNN.

Dilansir dilama VOA, Amerika akan menegaskan kembali peran globalnya dalam menyuarakan HAM, kata Biden. Ia menyatakan akan bekerja sama dengan komunitas internasional untuk membuat China melindungi hak asasi minoritas Uighur.

Inline Ad

Sejumlah warga etnik Uighur yang tinggal di Turki menggelar unjuk rasa di Ankara, Turki, 5 Februari 2020, untuk memperingati kerusuhan etnis berdarah pada 1007 di Gulja, Wilayah Otonomi Xinjiang Uighur.

Baca Juga:  Fauci: Kenakan Pelindung Mata untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

“China berusaha sangat keras untuk menjadi pemimpin dunia dan untuk mendapatkan julukan itu dan mampu melakukan itu, mereka harus mendapatkan kepercayaan dari negara lain,” kata Biden dalam perjalanan resmi pertamanya sejak menjabat sebagai presiden pada Januari. “Selama terlibat kegiatan yang bertentangan dengan HAM, akan sulit bagi mereka melakukan itu,” tambah Biden.

Dalam percakapan telepon dua jam dengan Xi bulan ini, Biden menekankan prioritas Amerika untuk mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, di mana Amerika dan China adalah saingan strategis utama.

Baca Juga:  Ditangkap, Tiga Militan ISIS Mengaku Kerja Sama dengan Amerika Serikat

Biden juga menyuarakan keprihatinan akan praktik China dalam perdagangan dan masalah HAM, seperti tindakannya yang semakin tegas di Asia, termasuk terhadap Taiwan, yang diklaim sebagai bagiannya (syakhruddin)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.