Dari Mesut Ozil hingga Khabib Nurmagomedov Bela Muslim Minoritas Uighur

INIPASTI.COM, JAKARTA- Muslim minoritas di Uighur China menjadi sorotan dunia. Beberapa hari lalu, sekumpulan dokumen pemerintah China bocor yang mengungkapkan tindakan keras terhadap warga Uighur dan Muslim lainnya di Xinjiang Barat.

Dokumen-dokumen tersebut dibeberkan oleh anggota partai politik China. Selain itu, Pakar dan aktivis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan setidaknya 1 juta etnis Uigur dan anggota kelompok minoritas Muslim lainnya telah ditahan di kamp-kamp di Xinjiang.

Inline Ad

Namun, Pihak Beijing membantah melakukan tidak kekerasan terhadap warga Uighur atau lainnya di Xinjiang.

Baca Juga:  Mengenal 2019-nCoV, Nama Resmi Virus Corona Jenis Baru di China

Mereka mengatakan, China rutin melakukan pelatihan kejuruan untuk membantu memberantas ekstremisme dan separatisme Islam.

Mereka juga mengajarkan keterampilan baru.Situasi di warga muslim Uighur mendorong pemain bola Mesut Ozil angkat bicara.

Ozil memuat postingan terkait kisah pilu Muslim Uighur, yang ia sebut Turkistan Timur.

Juara Dunia kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov juga melakukan yang sama yaitu menyuarakan pendapatnya di media sosial untuk membela Muslim Uighur.

Baca Juga:  Rekor Baru Ronaldo Pada Piala Dunia 2018

“Ya Allah, berikanlah kemudahan bagi saudara-saudara Uighur kamu,” tulis petarung UFC asal Rusia tersebut.(Dhirga Erlangga/Penulis)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.