Di Tengah Pandemi Covid-19, Jemaah Wisatahati Antusias Ikut ‘Qurban for Tahfidz’

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Program ‘Qurban for Tahfidz’ seakan menjadi alternatif berkurban di tengah pandemi Covid-19. Program yang dicanangkan oleh Yayasan Daarul Qur’an Wisatahati ini sedari dulu pelaksanaannya selaras dengan protokol kesehatan Covid-19. Satu di antaranya adalah menghindari kerumunan warga.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) Wisatahati Sulsel, M Syahrur Ramadhan, program kurban yang dilaksanakan setiap 11 Dzulhijjah ini tidak pernah membagikan kupon. Sebagaimana diketahui, jika ada kupon yang dibagikan maka akan menghadirkan kerumunan warga yang antre untuk mendapatkan daging kurban.

Inline Ad

“Sudah bertahun-tahun sistem kami seperti ini. Pendistribusian daging kurban diutamakan kepada santri penghafal Alquran Wisatahati. Setelah seluruh santri mendapatkan bagian, tim kami akan terjun langsung ke lapangan untuk membagikan daging kurban kepada yang betul-betul berhak mendapatkannya. Jadi tidak ada masyarakat yang berkerumun,” jelas M Syahrur Ramadhan, Sabtu, (1/8/2020).

Baca Juga:  Masih Ingat Hasanuddin Pemilik 'Bengkel Mengaji'? Begini Keadaannya Sekarang

Khusus untuk tahun ini, pelaksanaan Qurban for Tahfidz juga mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yaitu memakai masker bagi seluruh panitia kurban. Prosesi pemotongan hewan kurban juga disiarkan langsung lewat sosial media sehingga pekurban bisa menyaksikan lewat siaran tersebut.

Untuk diketahui, tahun ini menjadi tahun dengan hewan kurban terbanyak yang disembelih oleh Yayasan Daarul Qur’an Wisatahati Sulsel. Hal itu diutarakan oleh Kepala Divisi Humas Wisatahati Sulsel, Andi Makmur Burhanuddin.

Andi Makmur mengatakan bahwa tahun ini Wisatahati Sulsel menyembelih 6 ekor hewan kurban. Enam hewan kurban tersebut terdiri dari 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Baca Juga:  Bupati Takalar : Pulang Haji, Pemahaman Agama Harus Meningkat

“Alhamdulillah berkat antusias jemaah yang merupakan donatur Wisatahati Sulsel, tahun ini kami menyembelih 6 ekor hewan kurban. Jumlah ini menjadi yang terbanyak sepanjang pelaksanaan program Qurban for Tahfidz,” jelas Andi Makmur.

Berkat antusiasme jemaah itulah, Kepala Divisi Pendidikan Wisatahati Sulsel, Muh Ilyas Nawawi, bersyukur karena para santri bisa menikmati daging kurban. Ungkapan terima kasih pun diutarakan kepada seluruh jemaah yang telah berpartisipasi mensukseskan program tersebut.

“Semoga ibadah kurban kita tahun ini membawa banyak keberkahan dan semoga musibah Covid-19 bisa cepat dihilangkan oleh Allah SWT, Amin ya Rabb,” tutupnya.

(Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.