Dinilai ‘Radikal’, Pemerintah Australia Berlakukan Aturan Baru Hadapi Wabah

Scott Morrison berbicara pada hari Minggu malam setelah pertemuan Kabinet Nasional. ( AAP: Mike Bowers )

INIPASTI.COM, Scott Morrison telah mengumumkan aturan dua orang tentang pertemuan dalam perang melawan coronavirus, tetapi apa artinya sebenarnya?

Pada konferensi pers hari Minggu malam, Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan pengetatan pada aturan seputar pertemuan, membatasi mereka untuk dua orang, bukan 10.

Inline Ad

Perubahan itu merupakan langkah paling drastis yang diperkenalkan oleh Pemerintah Federal dalam perang melawan pandemi coronavirus , dan telah digambarkan sebagai “radikal” oleh Kepala Petugas Medis Brendan Murphy.

Jadi, apa sebenarnya yang diumumkan oleh Tuan Morrison, dan apa arti aturan itu bagi Anda sehari-hari?

Apa yang baru?

Untuk minggu terakhir, Pemerintah sangat mendorong orang untuk tinggal di rumah namun secara teknis membuat pengecualian untuk pertemuan, di dalam dan luar ruangan, boleh hingga 10 orang.

Pengumuman Minggu malam menurunkan angka itu menjadi dua, secara signifikan memperkecil ruang gerak seseorang untuk meninggalkan rumah.

Ini berlaku untuk pertemuan dalam ruangan maupun luar ruangan, dan termasuk urusan pribadi juga.

Meskipun Mr Morrison awalnya tidak menjelaskan hal ini, ABC telah meminta klarifikasi dan diberi tahu bahwa pembatasan berlaku untuk semua pengaturan dalam ruangan – sehingga Anda tidak dapat memiliki lebih dari satu teman di rumah Anda.

Negara bagian mana yang memberlakukan aturan baru ini?

Di Victoria, Perdana Menteri Daniel Andrews mengatakan orang akan menghadapi denda di tempat lebih dari $ 1.600 jika Anda melanggar aturan dua orang.

Di Australia Selatan, denda akan menjadi $ 1.000.

Untuk NSW, Perdana Menteri Gladys Berejiklian mengatakan pihak berwenang akan menindak mereka yang melanggar aturan dua orang dan ingin semua orang mulai mempraktikkannya mulai hari ini.

Baca Juga:  Langit merah di udara Australia

Ketua Menteri ACT Andrew Barr mengatakan fase pertama adalah tentang pendidikan dan peringatan, tetapi fase kedua akan mencakup kapasitas bagi polisi untuk mengeluarkan denda.

Di Tasmania, Premiere Peter Gutwein mengatakan polisi akan menegakkan aturan tersebut. “Anda akan dapat ditangkap. Anda akan dituntut dan dipanggil,” katanya.

Untuk apa saya diizinkan meninggalkan rumah?

Morrison jelaskan tentang empat alasan yang dapat diterima untuk meninggalkan rumah:

Berbelanja untuk apa yang Anda butuhkan (Mr Morrison memperluas ini, dan menggunakan contoh istrinya membeli anak-anaknya “sejumlah teka-teki gambar” sebagai sesuatu yang penting bagi keluarga yang akan “perlu mengubah sepenuhnya cara mereka akan hidup selama enam bulan ke depan setidaknya “).

Untuk perawatan medis atau kebutuhan welas asih.

Untuk berolahraga, asalkan sesuai dengan aturan pengumpulan (tidak lebih dari dua orang dalam satu kelompok).

Untuk pekerjaan dan pendidikan jika Anda tidak dapat bekerja atau belajar dari jarak jauh.

Apa yang terjadi jika saya tinggal di rumah tangga lebih dari dua orang?

Mr Morrison menekankan bahwa batas dua orang tidak berlaku untuk orang-orang dalam rumah tangga Anda . Jadi keluarga Anda yang terdiri dari empat orang, asalkan Anda semua hidup di bawah satu atap, dapat mengajak anjing berjalan-jalan.

Tetapi jika Anda ingin pergi lari dengan seorang teman, itu hanya bisa Anda berdua.

Morrison mengatakan penting untuk mengizinkan dua orang berkumpul di luar sehingga “khususnya bagi wanita, bahwa mereka tidak akan diminta berjalan sendiri dan mereka dapat berjalan dengan orang lain”.

Baca Juga:  Kabar Baik, Tiga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Bisakah saya pergi dan mengunjungi anggota keluarga?

Ya kamu bisa.

Ini juga tidak dibuat jelas dalam konferensi pers hari Minggu malam, tetapi sejak itu telah dikonfirmasi ke ABC.

Perpecahan keluarga di dua rumah dapat bertemu , sehingga Anda dapat pergi dan mengunjungi orang tua atau saudara Anda – meskipun akal sehat mungkin harus digunakan, dan protokol jarak jauh sosial yang biasa juga harus digunakan.

Apa yang akan terjadi pada saya jika saya tidak mengikuti aturan ini?

Itu tergantung di negara bagian atau teritori tempat Anda tinggal, tetapi semua akan menentukan aturan penegakannya sendiri yang “dapat membawa denda on-the-spot yang sangat signifikan” .

“Sudah dari ingatan di Australia Selatan, ada denda on-the-spot $ 1.000 jika Anda melanggar [aturan 10-orang], sehingga mereka tidak main-main,” kata Morrison.

“Negara-negara seperti New South Wales dan Victoria akan bergerak lebih jauh ke bawah aturan dua orang itu, adalah pemahaman saya, tetapi negara bagian dan teritori akan membuat pengumuman sendiri tentang masalah-masalah itu.”

Apakah ada aturan berbeda untuk orang tua?

Agak. Aturan ketat dan dapat ditegakkan tetap sama tetapi ada saran yang kuat – “ini bukan paksaan, ini saran yang kuat”, kata Morrison – bahwa orang yang berusia 70 tahun ke atas harus tinggal di rumah dan menyendiri .

Hal yang sama berlaku untuk siapa pun yang berusia di atas 60 tahun dengan penyakit kronis dan penduduk asli di atas usia 50 tahun .

Baca Juga:  Mengkhawatirkan, Anak Muda Ternyata Menjadi Faktor Penyebaran COVID-19

“Ini tidak berarti mereka tidak bisa keluar,” kata Morrison.

“Mereka bisa keluar dan ditemani oleh orang yang mendukung untuk mendapatkan udara segar dan rekreasi, tetapi harus membatasi kontak dengan orang lain sebanyak mungkin.”

Bagaimana dengan pernikahan dan pemakaman?

Instruksi yang sama diberlakukan minggu lalu masih berlaku sekarang.

Itu berarti pemakaman masih terbatas pada 10 orang dan pernikahan hingga lima .

Kapan langkah-langkah baru ini dimulai?

Aturan dua orang akan berlaku mulai tengah malam pada Senin malam .

Morrison juga mengatakan bahwa semua “taman bermain umum, di luar gimnasium dan taman skate” akan ditutup pada hari Senin .

(Sumber: abc.net.au)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.