Dirangkaikan dengan Buka Puasa Bersama, Unismuh Makassar Bakal Luncurkan Dua Aplikasi

Top Ad

INIPASTI.COM – MAKASSAR, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali meneguhkan identitas sebagai kampus unggul berbasis teknologi informasi. Teranyar, Unismuh bakal meluncurkan dua aplikasi berbasis android, yakni Sistem Informasi Persuratan dan Administrasi Umum (Sispadum), dan Aplikasi Absensi Digital.

Peluncuran aplikasi tersebut akan dirangkaikan dengan Buka Puasa Bersama Civitas Akademika Unismuh Makassar. Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor II Unismuh Dr Andi Sukri Syamsuri, saat memimpin rapat persiapan acara, di Ruang Rapat Wakil Rektor, Gedung Iqra Lantai 16, Kampus Unismuh, Senin, 25 April 2022.

Inline Ad

Menurut Dr Andis, sapaan akrab Wakil Rektor II Unismuh, keunggulan kampus Muhammadiyah tersebut dalam bidang teknologi informasi bukan isapan jempol semata.

“Alhamdulillah, dua tahun berturut turut, 2020 dan 2021, Unismuh mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI Wilayah IX sebagai institusi penyelenggara pembelajaran daring terbaik,” ungkapnya.

Unismuh, lanjutnya, sedang berproses menuju ‘paperless University’, dengan meminimalkan penggunaan kertas, termasuk dalam urusan administrasi.

“Sispadum ini akan membuat proses administrasi persuratan dilakukan melalui aplikasi. Tidak ada lagi cerita, surat hilang atau tercecer. Disposisi persuratan juga bisa dilakukan dimana saja oleh pejabat berwenang, ini mempercepat proses persuratan,” tambah Mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar ini.

Khusus untuk peluncuran daftar hadir online, kata Andis, sistemnya telah disosialisasikan sejak pekan lalu. Aplikasi kehadiran Pimpinan kampus dan karyawan Unismuh tersebut mulai dijalankan pada bulan Mei mendatang, sesudah libur lebaran.

Pihak Unismuh juga sedang menjajaki proses pembelajaran di alam metaverse. “Ini sementara kami kaji langkah menuju ke sana. Yang pasti, Unismuh bakal terus berinovasi dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0,” ujar Wakil Rektor yang membidangi Sumber Daya dan Keuangan Unismuh ini.

Silaturahim dan Buka Puasa

Acara peluncuran dua aplikasi tersebut, dirangkaikan dengan Silaturahim dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Unismuh Makassar.

Menurut Ketua Panitia Muhammad Syafaat MT, acara silaturahim tersebut akan mengundang khusus 9 orang mantan rektor, 8 orang mantan wakil rektor, 2 orang mantan ketua BPH dan 24 orang mantan dekan/direktur pascasarjana yang sudah tidak memegang jabatan di Unismuh.

“Sementara untuk PWM, yakni 13 orang mantan ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, serta 5 orang PWM Sulsel yang tidak menjabat di Unismuh,” kata Syafaat.

Kegiatan tersebut akan diawali dengan pemberian paket lebaran/THR kepada beberapa panti asuhan, serta undangan khusus. Termasuk THR bagi segenap dosen dan karyawan Unismuh Makassar.

Acara juga akan diisi dengan Sambutan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung. Sementara itu, Rektor Unismuh yang juga merupakan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse akan memberikan Amanah sekaligus menyampaikan pengajian jelang buka puasa.

Selain undangan khusus, kegiatan ini bakal diikuti segenap dosen dan karyawan dalam lingkup Unismuh Makassar. “Diperkirakan 1000 orang tamu akan menghadiri acara silaturahmi tersebut,” jelas Syafaat.

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.