Disnaker Tawarkan Kerjasama Unismuh Pelatihan Kewirausahaan

Peserta Job Fair Unismuh 2019 dan para narasumber (depan).(nasrullah)

INIPASTI.COM. MAKASSAR, Umumnya tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang lanjut studi ke perguruan tinggi karena ingin mendapatkan pekerjaan yang layak untuk bisa mengubah masa depannya yang lebih baik.

Sayangnya banyak mahasiswa yang setelah lulus kuliah harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa membawa dirinya ke masa depan yang lebih baik justru mereka tidak peroleh. Mereka setelah lulus justru menjadi pengangguran alias tidak mendapatkan pekerjaan apa-apa.

Menurut Pengantar Kerja Ahli Disnaker Provinsi Sulsel, Dr Syamsi Alang, M.Si, banyaknya alumni dari perguruan tinggi tidak mendapatkan pekerjaan, karena tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan pencari kerja.

Oleh karena itu perguruan tinggi sebagai lembaga yang diharapkan bisa menyiapkan sumber daya yang bisa diterima di dunia kerja dapat memberikan keterampilan atau skill bagi mahasiswanya agar setelah selesai kuliah bisa dengan mudah mandapatkan lapangan pekerjaan.

Baca Juga:  UKM Talas Unismuh Makassar Gelar Talkshow Cetak Generasi Penari

Disnaker Provinsi Sulsel, menawarkan kepada perguruan tinggi khususnya Unismuh Makassar, untuk bekerjasama dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan. Berharap mahasiswa atau alumni yang dilatih kewirausahaan bisa membuat usaha sendiri.

Syamsi Alang menyampaikan hal ini saat menjadi narasumber dalam acara Job Fair 2019 dan Talkshow Bimbingan Karier Unismuh Makassar, yang diikuti 13 perusahaan, Senin 14 Januari 2019 di Lantai II, Kantor UBC Unismuh Makassar.

Sementara narasumber yang lain, Abdullah Sanusi dari Unhas, mengatakan, semestinya anak-anak mahasiswa sejak mulai masuk ke perguruan tinggi sudah bisa merencanakan masa depannya, akan kemana setelah mereka selesai atau tamat kulia.

“Tetapi yang banyak terjadi malah sudah selesai kuliah tetapi mereka masih bingung menentukan akan kemana tujuan hidupnya,”ujar Abdullah Sanusi.

Baca Juga:  Gerakan Salat Berjemaah Unismuh Makassar, Warek Wajib Ikut

Oleh karena itu orang yang diamanahi di lembaga karier di Unhas selama ini membuat banyak program pelatihan atau pembentukan skill untuk membantu mahasiswa merencanakan masa depannya.

Salah satunya adalah Hasanuddin Karir Program. Program ini dilakukan bagi mahasiswa yang akan diwisuda. Pelaksanaannya sebelum mahasiswa diwisuda diadakan pelatihan keterampilan. Agar kelak tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah tamat kuliah.

Program pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa betul-betul adalah yang dibutuhkan oleh penyedia tenaga kerja. Selain kegiatan pelatihan lembaganya juga sering mengundang sejumlah perusahaan-perusahaan untuk menyampaikan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan itu seperti apa. Dan di Unhas ada juga program magang bersertifikat bagi mahasiswa semester VII di perusahaan-perusahaan BUMN.(nasrullah)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.