Pelabuhan Garongkong dan Potensi Ekonomi Daerah

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono usai meninjau Pelabuhan Garongkong (Istimewa)


INIPASTI.COM, BARRU
– Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono meninjau aktifitas Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru, Rabu (30/5/2018) disela-sela kunjungan kerjanya.

Dalam peninjauan tersebut, Soni sempat melihat dermaga serta aktifitas pelabuhan yang digunakan untuk bongkar muat bahan non curah dan kliker ini. Bahkan, menanyakan kondisi pembangunan dermaga dan pelabuhannya tersebut.

Menurutnya, pelabuhan tersebut memiliki prospek yang sangat luar biasa, bahkan ada rencana untuk menambah panjang dermaga dari 250 meter menjadi 500 meter.

“Prospek ekonominya sangat bagus terutama untuk investasi, dan ini harus terus didukung bersama,” kata Sumarsono, saat meninjau dermaga tersebut, Kamis (30/5/2018)

Baca Juga:  Kades Diminta Waspada Gunakan Dana Desa

Apalagi, menurut Sumarsono pengembangan pelabuhan ini sangat bagus dengan akan terkoneksinya dengan jalur kereta api, tentu muatan akan bertambah sehingga roda perekonomian disana akan bertumbuh dengan baik.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Barru, Ali Abdillah menjelaskan, Pelabuhan Garongkong ini terbagi dalam dua bagian yaitu sisi luar dapat menampung kapasitas kapal 62 ribu ton, sedangkan sisi dalam dengan kapasitas 30 ribu ton. Untuk panjang dermaga sepanjang 250 meter lebar 20 meter

Ali menyebutkan, Pelabuhan ini kedepan akan terus dikembangkan sampai tahun 2030. Pelabuhan ini digunakan untuk bongkar muat bahan pangan curah non kering seperti batu bara dan klinker.

Baca Juga:  Temui Sumarsono, PT GMTD Minta Kepastian Usaha

Ali menyatakan, Pelabuhan Garongkong ini sebenarnya dijadikan pelabuhan kedua setelah pelabuhan di Makassar, inilah yang akan direvisi agar menjadi pelabuhan curah kering non pangan. Saat ini persiapan teknisnya sementara, termasuk berkas untuk mengembangkan pelabuhan ini.

(Iin Nurfahraeni

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.