DPMU Pinrang Harap Sarana SPAMS Dijaga untuk Generasi Mendatang

Top Ad

INIPASTI.COM, District Project Management Unit (DMPU) Pamsimas Dinas Binamarga, Cipta Karya dan Tataruang Kabupaten Pinrang, Harman, berharap sarana air bersih yang telah dibangun di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang dapat dijaga dan dipelihara dengan baik dan secara berkelanjutan agar bisa dimanfaatkan oleh generasi mendatang.

“Diharapkan kepada pengurus KPSPAMS untuk dapat menjangkau dan melayani seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kelurahan, dibutuhkan komitment dari KPSPAMS untuk memberikan layanan kepada masyarakat, utamanya dalam sosialisasi pengadaan SR rumah tangga,” katanya pada acara serah terima dan peresmian Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Kelurahan Maccirinna, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Kamis (26/8/2021).

Inline Ad

Kegiatan Pamsimas di HID tahun 2021 di Kelurahan Maccirinna memiliki target pengguna sebanyak 665 Jiwa dengan 134 SR yang tersebar di 2 dusun dari 3 dusun yang ada di kelurahan tersebut.

Kelurahan Maccirinna merupakan salah satu dari 10 desa/kelurahan yang mendapatkan bantuan dari Program Pamsimas tahun 2021 di Kabupaten Pinrang. Meski Kelurahan Maccirinna berjarak 15 Kilometer dari pusat kota, namun daerah ini tergolong daerah tertunggal khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar berupa air minum dan sanitasi yang layak.

Dictrict Coordinator Pamsimas Kabupaten Pinrang, Titik Marlina, mengklaim bahwa mulai tahun 2008, secara keseluruhan pamsimas sudah menjangkau 77 Desa/Kelurahan dari 108 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Pinrang atau sekitar 70% sudah memiliki akses yang dibangun oleh Pamsimas.

Untuk Program Pamsimas III di kabupaten Pinrang telah dilaksanakan mulai 2017, dengan sasaran 10 kecamatan yang tersebar di 14 desa/kelurahan, kemudian di tahun 2018 menjangkau 13 desa/kelurahan dari 7 Kecamatan, dilanjutkan 2019 di 3 desa/keluraha dari 2 kecamatan, dan 2020 di 13 desa di 8 kecamatan dan tahun 2021 Pamsimas 10 desa/kelurahan dan 7 Kecamatan. Total untuk Pamsimas III sebanyak 53 desa/kelurahan.

“Semoga sarana SPAMS yang telah dibangun bisa dimanfaatkan secara optimal, terpelihara dengan baik, dan pada akhirnya dapat bermanfaat bagi hajat hidup masyarakat khususnya di Maccirinna, serta upaya pemenuhan akses air minum perlu menjaga pelestarian dan konservasi di sekitar sumber air,” ujar Titik.

Keberadaan sarana SPAMS dari program Pamsimas ini, disambut suka cita oleh warga Kelurahan Maccirinna, bahkan Pak Hasan salah satu penerima manfaat menyatakan merasa sangat beruntung dan bersyukur adanya bantuan air bersih sampai ke rumahnya.

“Selama ini kami menggunakan sumur umum yang berada di rumah tetangga, kadang airnya keruh dan debit berkurang pada musim kemarau. Alhamdulillah berkat Pamsimas keluarga kami sudah bisa menikmati air yang akan kami gunakan sebaik-baiknya. Terima kasih Pamsimas,” kata Hasan sembari mengacungkan jempol.

Bottom ad

Leave a Reply