Dr. Fauci: Lonjakan infeksi Covid-19 bisa dicegah dengan melakukan 5 hal sederhana ini

Anthony Fauci, MD, Direktur, Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Institut Kesehatan Nasional, melihat sebelum bersaksi di Sidang Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja, dan Pensiun Senat AS untuk memeriksa COVID-19, dengan fokus pada pembaruan pada tanggapan federal di US Capitol Washington, DC, AS, 23 September 2020. Graeme Jennings | Reuters

INIPASTI.COM, Covid-19 kasus yang spiking lagi di AS, tapi Dr Anthony Fauci masih berharap bahwa Amerika bisa membalikkan keadaan jika mereka fokus pada “fundamental.”

Menurut analisis CNBC dari data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, AS rata-rata memiliki sekitar 50.000 kasus Covid-19 baru per hari selama tujuh hari terakhir, naik lebih dari 14% dibandingkan dengan minggu lalu.

Inline Ad

“Kami berada di tempat yang buruk sekarang; kami harus membalikkan keadaan ini,” kata Fauci, penasihat Gedung Putih, di “The News with Shepard Smith” CNBC pada Senin malam.

Fauci, yang telah menjabat sebagai direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular sejak 1984 di bawah enam pemerintahan yang berbeda, mengatakan meski dilempar ke arena politik dalam beberapa pekan terakhir, dia tidak menyerah.

Baca Juga:  Pencurian Informasi Pribadi terkait Pandemi Berkembang di AS

Presiden Donald Trump menggunakan Fauci dalam iklan kampanye baru di mana Fauci tampaknya memuji tanggapan Trump terhadap pandemi Covid-19. Fauci, bagaimanapun, mengatakan klip itu diambil di luar konteks.

“Ada banyak hal yang terjadi yang Anda lebih suka tidak terjadi seperti iklan itu, yang menempatkan saya dalam konteks politik [dan] yang saya habiskan sepanjang karier saya tetap berada di luar konteks politik,” kata Fauci kepada Smith.

Tetapi kritik itu atau kritik lainnya, kata Fauci, tidak akan menghentikannya untuk melakukan pekerjaan hidupnya: memerangi penyakit menular.

“Ini adalah wabah proporsi bersejarah, yang belum pernah kita lihat dalam 102 tahun,” kata Fauci. “Tidak ada kemungkinan aku akan menyerah dalam hal ini dan meninggalkannya tidak peduli apa yang terjadi.”

Sebaliknya, pria berusia 79 tahun itu mengatakan dia berkomitmen untuk “terus menyebarkan” pesan kesehatan masyarakat yang benar sebanyak yang dia bisa.

Baca Juga:  Singapura Menyita Aset (3 dari 4)

Fauci memberi tahu Smith bahwa jika orang Amerika melakukan lima hal mendasar ini, kita dapat mengekang lonjakan Covid-19 di masa depan:

1. Pemakaian masker universal

2. Menjaga jarak fisik

3. Menghindari kerumunan atau keramaian berkumpul

4. Melakukan lebih banyak di luar ruangan, dibandingkan di dalam ruangan

5. Sering mencuci tangan

“Hal-hal sederhana itu, sesederhana kedengarannya, pasti dapat membalikkan kondisi yang kita lihat dan dapat mencegah terjadinya lonjakan baru. Kami tahu itu karena pengalaman kami telah membuktikan kepada kami bahwa memang demikian. Kita hanya perlu patuh dan lakukan itu, “kata Fauci.

//CNBC.com

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.