Enrekang Ekspor Bawang Merah 20 Ton ke Vietnam

INIPASTI.COM, MAKASSAR- Menteri Pertanian RI, Amran Sulaeman membuka acara  panen raya, festival nasional bawang merah, serta ekspor bawang merah 2017 di Kecamatan Anggeraja, Enrekang, 14 Oktober 2017. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara kementerian pertanian RI, pemerintah provinsi Sulsel,  Bank Indonesia  dan pemerintah daerah Kab. Enrekang.

Amran dalam sambutannya mengatakan kesejahteraan petani,  merupakan tugas semua elemen bangsa.

Inline Ad

Amran juga meminta Bulog dan stake holder yang bergerak dalam sektor pertanian khususnya komoditi bawang merah untuk tidak membeli bawang merah pada tingkat petani dengan harga murah.

Harga bawang merah pada tingkat petani pada saat ini masih sangat murah, sehingga Amran mematok harga bawang merah di tingkat petani harus berada pada kisaran Rp. 12.000,- per Kilo.

Baca Juga:  Bawaslu Larang Acara Deklrasi Dukungan Alumni Yogya untuk Jokowi

“Saya Harap Bulog dan stake holder lain jangan beli murah bawang petani “.Tegas Amran.

Sementara itu,  Bupati Enrekang Muslimin Bando menyampaikan pentingnya meningkatkan kesejahteraan petani khususnya petani bawang merah. Muslimin Bando juga meminta kepada Menteri Pertanian untuk memperhatikan nasib para penyuluh penyuluh pertanian.

Dalam kesempatan ini,  Menteri Pertanian juga menyerahkan bantuan peralatan mesin pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Enrekang yang kemudian dilanjutkan dengan Pelepasan Ekspor Bawang Merah sebanyak 20 Ton ke Vietnam.

Sementara itu,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan TPH Provinsi Sulawesi Selatan Fitriani mengatakan bahwa Komoditi bawang merah mempunyai potensi yang besar dan merupakan penyumbang inflasi di sektor pangan. Oleh karena itu diperlukan perhatian serius dari semua elemen terkait.

Baca Juga:  Walikota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Unismuh Makassar

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan selama beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan dengan kontribusi tertinggi dari sektor pertanian,”pungkas Fitriani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XIV Hasanuddin diwakili oleh Kasdam XIV Hasanuddin, Asisten Teritorial Kodam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel yang diwakili oleh Wakapolda Sulsel, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian beserta jajaran Direktur pada Direktorat Jenderal Hortikultura, Perwakilan Bulog dan undangan lainnyalainnya.(nasrulla)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.