Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara Punya Pemimpin Baru

INIPASTI.COM, SEMARANG–Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (FSPBUN) memiliki pemimpin baru untuk menahkodahi roda organisasi. Asmanudin Sinaga, sosok yang terpilih menjadi Ketua Umum FSPBUN.

Sosok yang dikenal lugas dan tegas. Asmanudin Sinaga memiliki rekam jejak kepemimpinan yang patut diacungi jempol. Dikutip dari berita detik.com, dia ikut andil berperan menolak rencana eksekusi lahan kebun sawit. Saat itu, Asmanudin Sinaga menjabat sebagai Ketua Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan Perkebunan (SPTP) PTPN V. Asmanudin menolak rencana eksekusi lahan kebun sawit di Kebun Sei Batu Langkah di Kab Kampar tahun 2018.

Inline Ad

Kini, Asmanudin Sinaga terpilih menjadi ketua umum FSPBUN, yang memiliki 25 SPBUN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan Musyawarah Luar Biasa (Muslub) FSPBUN, pada 2 – 3 Maret 2021 di Semarang. Muslab ini dilaksanakan secara virtual dan tatap muka, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Skandal Jiwasraya, Said Didu Yakin Ada 'Perampokan'

Kegiatan yang bertempat di Hotel Patra, dengan tema “FSPBUN Mitra Strategis Perusahaan”, diikuti Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) di lingkungan PTPN Group.

Dari 25 SPBUN anggota FSPBUN, 23 SPBUN mengirimkan perwakilan (hadir secara langsung) dan sebagian mengikuti dinamika Muslub secara online.

Wispramono Budiman, Ketua FSPBUN sebelumnya, mengucap rasa syukur terselenggaranya Muslab tahun ini meski pandemi Covid-19.

“Kami pamit undur diri. Berpisah dalam organisasi. Namun, kita dapat saling tegur sapa,” kata Wispramono Budiman.

Dalam Muslub, akhirnya ditetapkan Ketua Umum SPBUN PTPN V, Asmanudin Sinaga sebagai Ketua Umum FSPBUN setelah mengantongi 18 suara dari 23 SPBUN anggota FSPBUN yang hadir secara langsung.
Nama lain yang muncul dalam pemilihan Calon Ketua Umum adalah M Iskandar (SPBUN PTPN IV) yang mendapatkan 4 suara dan Ilham Lubis (SPBUN PT RPN) dengan memperoleh 1 suara.

Baca Juga:  Perkebunan Nusantara Group Peringati Hari Ibu Secara Daring

Selain Asmanudin Sinaga terpilih sebagai ketua umum. Susmono diamanahkan menjabat sebagai Sekertaris Jenderal dan Bendahara Umum, Rina Tanjung. Seluruh Pengurus Harian maupun Pengurus Pleno dikukuhkan oleh Presidium Muslub yang diketuai oleh Dharmawan Dwi Putranto dar PTPN VIII.

Asmanuddin Sinaga mengajak pengurus baru untuk saling memperkuat kerjasama dan komunikasi aktif antar pengurus dibudayakan.

“Kami akan berbuat lebih baik. Kita mengajak kita tetap bersatu. Perubahan perlu dilakukan dengan terobosan terobosan dari holding. Kita harus siap terima dan berubah dengan didukung  IT. Saya harap menjalankan roda organisasi ini, kita dapat berkomunikasi dengan aktif,” ujar Asmanuddin Sinaga

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.