Femalepreneur Indonesia dan OJK Indonesia Adakan Program UMK  Champion Bootcamp, 214 UMKM Provinsi Banten Lolos Seleksi

INIPASTI.COM, Organisasi Pemberdayaan perempuan penyedia platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan dan pengembangan diri bagi wirausaha perempuan, Femalepreneur Indonesia, menyelenggarakan kegiatan berjudul ‘UMK Champion Bootcamp’ yang berlangsung pada 12-27 Oktober 2020. Kegiatan ini bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Provinsi Banten yang berlangsung melalui laman virtual Zoom.  

Setidaknya 214 peserta UMKM dari  Provinsi Banten telah lolos seleksi dan akan mendapatkan pelatihan intensif dengan delapan toolkit atau modul yang komperehensif yang disusun oleh tim Femalepreneur Indonesia yang merupakan hasil adopsi dari Perusahaan di Jerman. Tidak hanya itu, agar semakin mendalam, peserta juga akan diberikan pendampingan intensif selama peserta mempraktikkan materi yang telah diajarkan oleh para mentor.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah kami ingin menambah pengetahuan tentang mengembangkan sebuah usaha secara komprehensif dengan toolkit yang telah kami siapkan. Kami juga ingin mendampingi perjalanan bisnis para teman-teman UMKM Banten ini, karena kami tahu bahwa mendirikan bisnis itu tidak mudah, butuh mentor untuk ditanyai. Harapannya, melalui program ini, akan tercipta champion-champion UMKM yang baru dari provinsi Banten.”Ungkap Emmy Surya, Founder dan CEO Femalepreneur Indonesia.


Untuk memperlancar kegiatan,  Femalepreneur Indonesia juga bekerja sama dengan pihak Tokopedia dan lembaga keuangan seperti Bank BJB dan Pegadaian dalam rangka memperingati Bulan Inkusi Keuangan yang dicanangkan oleh OJK Indonesia.

Acara ceremony pembukaan dimulai pada Senin (12/10/2020) yang dihadiri oleh Dhani Gunawan Idat, selaku Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten (Kepala KR 1 OJK). Lalu, dilanjutkan sambutan Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (ADK OJK), Tirta Segara. Sekaligus sambutan dari Pertahanan Wahidin Halim, selaku Gubernur Banten.

Tidak selesai sampai di situ saja, kegiatan ini berlanjut dengan pemaparan materi Analisis dan Perencanaan Usaha yang disampaikan oleh Emmy Surya dan Titik Rusmiati, selaku Founder dari Femalepreneur Indonesia. Dalam analisis perencanaan usaha, diharapkan peserta tahu bagaimana merencanakan ide bisnis yang sesuai kemampuan dan passion para wirausaha. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi Desain Produk dan Kemasan yang disampaikan oleh Mario Devan, selaku CMO dan Founder dari Femalepreneur Indonesia.

Acara berlanjut hingga 13-15 Oktober 2020, di mana pada Selasa, 13 Oktober adalah pemaparan materi OJK Indonesia yang disampaikan oleh Dedy Fernando, selaku bagian OJK Regional 1 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi Copywriting: Seni Menjual Lewat Tulisan dan Desain Konten: Promosi di Media Sosial yang juga dipaparkan oleh para Founder Femalepreneur Indonesia.

Dalam pemaparannya, Dedy berharap agar kelas pelatihan yang diadakan Femalepreneur ini dapat menjadi wadah untuk mengembangkan potensi pelaku UMKM, khususnya di wilayah Banten.
“Saya berharap dari pelatihan ini dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan potensi oleh para pelaku usaha, melihat dari berbagai cerita UMKM agar lebih terinspirasi & bisa menambah ide. Hal ini tentunya Hal ini akan kita dorong dalam pemberian fasilitas pengajuan kredit kepada jasa keuangan”, tuturnya.

Kemudian, di tanggal 14 Oktober adalah pemaparan materi dari bank BJB dan Pegadaian, serta pemaparan materi soal Memasang Iklan di Media Sosial dan Strategi Mengelola Pelanggan. Dilanjutkan pada tanggal 15 Oktober, terdapat pemaparan materi dan Perencanaan Pengelolaan Keuangan serta Materi E-Commerce.

Selain itu, Femalepreneur Indonesia juga memfasilitasi peserta dengan mentoring selama tiga minggu berturut-turut. Diharapkan peserta dapat mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan selama pelatihan dan dijadikan sebagai upaya untuk memajukan usaha UMKM, khususnya di daerah Provinsi Banten.

//Della Cintya Raisma – Femalepreneur Indonesia

(Visited 1 times, 1 visits today)
Baca Juga:  Sekjen Kemenag RI: Kemenag Harus Jadi Penjaga Moralitas dan Spiritualitas Bangsa
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.