Final Badminton Asian Games, Anthony Ginting Ulang Kegagalan di Semifinal

Tunggal pertama Indonesia pada partai Final Badminton Asian Games 2018, Anthony Ginting. (Foto : Int)

INIPASTI.COM, JAKARTA – Anthony Ginting kembali tak berhasil membuka keunggulan bagi Tim Bulutangkis Beregu Putra Indonesia. Sama pada partai semifinal, Anthony Ginting yang unggul pada set pertama, kalah pada dua set berikutnya pada partai Final cabang bulutangkis Asian Games 2018 di Istora Senayan Jakarta, Rabu, (22/8/2018).

Pemain tunggal pertama Indonesia ini sempat membawa angin segar bagi suporter yang memenuhi Gelora Bung Karno (GBK). Pada set pertama, Anthony Ginting unggul dengan skor 21-14 atas pemain unggulan pertama China Shi Yuqi. Baca Juga : Badminton Asian Games, Tim Putra Indonesia Balas Kekalahan Tim Putri Atas Jepang

Inline Ad

Set kedua berlangsung alot. Namun sayang, sama seperti partai semifinal, Anthony Ginting yang sudah sempat unggul dengan perbedaan poin yang jauh, bisa disusul oleh lawan. Sempat unggul 19-16, Shi Yuqi berhasil menyusul sehingga kedua pemain harus bermain jus pada set kedua.

Shi Yuqi yang memang harus memenangkan set kedua karena telah tertinggal 1-0, tampil all-out. Pemain tunggal pertama China ini pun keluar sebagai pemenang dengan skor 21-23. Sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan rubber game.

Baca Juga:  Walikota Cup II FPTI Makassar Rangkul 117 Pemanjat

Pada set ketiga, Shi Yuqi makin percaya diri. Anthony Ginting pun tertinggal jauh 2-6. Namun, Anthony juga kembali bangkit dengan menyusul 5-6. Akan tetapi, permainan net Anthony memberikan 2 poin beruntun bagi Shi Yuqi, skor menjadi 5-8. Poin sempat sama 9-9. Dan Anthony Ginting menutup interval game ketiga dengan 11-10.

Kembali unggul, membuat Istora Senayan yang juga tampak Presiden Jokowi di bangku penonton menjadi bergelora kembali. Anthony bahkan unggul 15-11 atas Shi Yuqi.

Tapi sayang, Anthony sudah nampak kelelahan. Shi Yuqi pun menyusul sehingga skor disamakan 16-16. Dengan sisa-sisa tenaga, Anthony Ginting kembali bangkit dengan kembali unggul 18-16. Karena sangat memaksakan diri, Anthony Ginting mengalami keram. Tampak kaki kirinya sangat tegang.

Baca Juga:  Usai Libas 2 Bintang, Anthony Ginting Ditundukkan Wakil Taiwan

Keadaan itu pun dimanfaatkan oleh Shi Yuqi. Ia berhasil menyusul 18-18. Anthony Ginting yang sudah nampak sangat kesakitan, masih memaksakan melanjutkan pertandingan. Sempat unggul kembali 19-18, namun kembali disamakan Shi Yuqi 19-19.

Anthony kembali harus menerima perawatan medis. Ia tampak tak ingin mengecewakan penonton. Harapan itu ada ketiga Anthony Ginting yang kembali berdiri mendapatkan poin gratis dari kesalahan Shi Yuqi yang pukulannya melebar ke sebelah kanan lapangan Anthony Ginting.

Shi Yuqi tidak mau mengulang kesalahan, set ketiga ini pun harus berlangsung dengan poin jus 20-20. Bahkan Shi Yuqi membuka peluang dengan 20-21. Anthony kembali ke pinggir lapangan, meminta waktu untuk istirahat ke wasit. Namun karena wasit tidak memberikan izin, Anthony pun menyerah dan tidak melanjutkan pertandingan.

Kekalahan Anthony Ginting ini menjadikan Indonesia tertinggal 0-1 atas Tim Bulutangkis Beregu Putra China. Harapan Indonesia kini berada pada ganda pertama Indonesia Marcus Gideon – Kevin Sanjaya. (Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.