Foto : Harga Fantastis, Pakaian Jemaah Haji Penuh Warna

Jemaah Haji Kloter 5 Debarkasi Makassar asal Kabupaten Bulukumba tampak sudah berganti pakaian di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Kamis, (22/8/2019). (Foto : Sule)
Top Ad

INIPASTI.COM, SUDIANG – Pemandangan yang sangat jauh berbeda saat jemaah haji sudah kembali ke tanah air. Ketika hendak berangkat ke tanah suci, jemaah tampak berpakaian batik seragam. Namun pada waktu pulang, pakaian jemaah haji sudah beragam warna.

Tak ada lagi warna yang tidak ada pada proses penerimaan kembali jemaah haji oleh PPIH Embarkasi Makassar. Hal itu juga tampak pada saat penerimaan Kloter 5 Debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Kamis, (22/8/2019).

Jemaah haji laki-laki tampak menggunakan pakaian ala timur tengah. Gamis dan sorban tampak digunakan oleh jemaah haji asal Sulawesi Selatan ini.

Baca Juga:  Empat JCH Kloter 4 Batal Berangkat, Satu Gegara Sakit Mata

Begitu pun dengan jemaah haji perempuan. Kebaya dan penutup kepala jemaah haji ini tampak dipenuhi manik-manik. Warnanya pun berbagai macam. Merah, kuning, hijau, biru, dan warna cerah lainnya tampak.

Pemandangan demikian sudah terlihat di dua kloter di Debarkasi Makassar. Jemaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Gowa dan Kabupaten Pinrang. “Harganya 4 juta semua. Dari ongkos jahit dan harga lainnya,” jelas Andi Tenri Abeng, jemaah haji Kloter 4 Debarkasi Makassar asal Kabupaten Gowa.

Senada dengan ini, jemaah haji Kloter 5 Debarkasi Makassar asal Kabupaten Bulukumba Hasnawati juga demikian. Bahkan dia janjian bersama 2 jemaah lainnya untuk menjahit baju dengan model yang sama.

“Kami 3 orang ini yang pakaian seperti ini. Satu baju sampai 5 jutaan. Ini memang kami persiapkan untuk dipakai saat pulang,” katanya. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.