GUMSB Virtual Unhas Bahas Peran Masjid Kampus dan Kepribadian Religius Pemuda

INIPASTI.COM, Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Untuk kali ini, Fakultas Keperawatan Unhas bertindak sebagai panitia penyelenggara. Agenda rutin setiap pekan ini berlangsung mulai pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (01/12).

Mengawali kegiatan, Dekan Keperawatan Unhas Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si., menyampaikan kegiatan ini sangat luar biasa dalam menghidupkan ilmu dan pengetahuan guna mewujudkan insan cendekia yang tidak hanya cerdas intelektual tapi juga memiliki integritas moral.

Inline Ad

“Nanti kita juga akan mendengarkan materi tentang pemuda sebagai insan berkualitas melalui ketaatan hati sesuai ajaran islam,” jelas Dr. Ariyanti.

Kegiatan resmi dibuka oleh Anggota MWA Unhas, Prof. Dr. Syamsul Bachri, SH, MH., dimana dalam sambutannya menyebutkan kegiatan GUMSB menjadi bagian dari pembentukan karakter kepemimpinan dan proses pengembangan sumber daya Unhas yang cerdas dan memiliki moral sesuai Al Qur’an dan Sunnah.

Baca Juga:  Dekan FEB Lantik Pengurus KSPM Galeri Investasi BEI Unismuh

“Unhas harus jadi lokomotif, gerakan ini wajib dikembangkan sebagai bukti kepekaan sosial yang sepatutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Prof Syamsul.

Pada kesempatan yang sama, hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah islamiah yakni ust. Prof. Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE, Ph.D. Beliau menjelaskan materi terkait “Optimalisasi Peran Masjid Kampus Dalam Membentuk Kepemimpinan Religius”.

Secara umum, Prof. Hermawan menjelaskan tentang potensi Indonesia, peran masjid kampus, kepemimpinan religius serta optimalisasi peran pemuda.

Baca Juga:  Memahami Pemerintahan Desa Secara Global Lewat Disertasi Sindawa Tarang

Masjid kampus menciptakan atmosfer agar terlahir generasi muda yang mencintai dan dicintai Allah. Kehadiran masjid kampus yang mengandung nilai-nilai inti kampus dan masyarakat akademik dapat melahirkan pandangan dunia baru berbasis nilai Islam.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Penanggung jawab GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 500 peserta berlangsung lancar hingga pukul 17.45 Wita.(*/mir)

Makassar, 1 Desember 2020

Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

 

Ishaq Rahman, AMIPR

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.