Hadiri Seminar Peringatan Hari Pancasila, Begini Pesan Politisi PAN

Irfan AB saat membawakan materi di seminar peringatan Pancasila yang dihelat oleh mahasiswa UPRI Makassar, di kampus jalan Antang Kamis (1/6/2017).
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Muh Irfan AB berharap segala komponen bangsa termasuk mahasiswa untuk menjaga dan melindungi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bangsa dan bernegara saat ini.

Hal tersebut disampaikan politisi PAN ini, saat menjadi narasumber pada seminar peringatan Pancasila yang dihelat oleh mahasiswa UPRI Makassar, di kampus jalan Antang Kamis (1/6/2017).

“Sebagai calon generasi masa depan bangsa, mahasiswa harus mempunyai komitmen yang kuat terhadap untuk menjaga Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” pesan Irfan dihadapan ratusan mahasiswa.

Dijelaskan, nilai-nilai Pancasila jangan hanya dimasukan ke dalam sistem tata perundang-undangan. Tapi, Pancasila juga harus diinstitusionalkan, terutama pada generasi muda, apalagi mahasiswa.

Baca Juga:  Kultum di UMI, Agus SB Himbau Jangan Saling Terpecah Belah

Menurutnya, implementasi Pancasila kepada masyarakat, tidak akan terjadi dengan sendirinya. Hal itu harus diciptakan atau dibentuk oleh pihak yang berkewajiban menjaga Pancasila.

Oleh sebab itu ia mengungkapkan, Indonesia adalah negara yang dibangun untuk semua golongan, semua suku, semua adat istiadat, dan semua pemeluk agama yang diakui oleh negara.

“Saat ini sering ada permasalahan yang timbul, karena telah berkembang pikiran dan sikap dari sekelompok orang di masyarakat kita yang menyatakan bahwa yang berbeda agama, suku dan berbeda keyakinan adalah musuh, saya nyatakan hal tersebut adalah salah,” paparnya.

Legislator DPRD Sulsel Sulsel asal Maros ini, juga berpesan agar nilai-nilai pancasila diterapkan dalam diri pribadi seseorang. Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai penting dalam menciptakan kerukunan dan persatuan diatas perbedaan bangsa Indonesia. Pancasila juga dapat digunakan sebagai dasar kebangsaan oleh masyarakat Indonesia yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.

Baca Juga:  Launching Larangan Merokok, Apa Kata Dekan!

“Saya harap kebhibekaan dan integrasi bangsa perlu dijaga. Demi pembangunan agar mewujudkan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Dalam seminar ini bertajuk, Membangun Semangat Kebhibekaan Sebagai Wujud Pengamatan Nilai-nilai Pancasila”. Hadir sebagai naslrasumber, selain Irfan AB, eks politisi Golkar Sudirman Muhammadiyah, perwakilan Polda Sulsel, perwakilan Kodam XIV Hasanuddin dan perwakilan Kesbangpol Makassar.