Hari Disabilitas Internasional, Keterbatasan Fisik Bukan Penghalang untuk Berkarya

Puncak Acara Hari Disabilitas Internasional di asrama PSBD Wirajaya Kemensos, Kamis (24/11/2016). (Foto: istimewa)
penulis : Zulaeman editor : Lasari

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus memberikan perhatian kepada masyarakat penyandang disabilitas (cacat) di Kota Makassar. Melalui Dinas Sosial (Dinsos), Pemkot Makassar mengadakan kegiatan dan memberikan bantuan untuk menyemangati mereka. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinsos Kota Makassar, Mukhtar Tahir saat puncak Acara Hari Disabilitas Internasional di asrama PSBD Wirajaya Kemensos, Kamis (24/11/2016).

Baca Juga  Penuhi Hak Disabilitas, Dinsos Makassar Raih Penghargaan

Mukhtar Tahir mengatakan Pemkot Makassar juga akan memberikan bantuan atau fasilitas yang dibutuhkan seperti tangan atau kaki palsu. Namun yang terpenting menurutnya adalah pemberdayaan disabilitas menjadi produktif dan hidup mandiri. “Pada intinya, pemerintah kota akan terus memberikan dukungan dan perhatian kepada kita (penyandang disabilitas, red) semua,” ungkapnya.

Baca Juga  Penyandang Tunanetra Indonesia Mencapai Jutaan Jiwa

Sesuai dengan tema acara “Melampaui Keterbatasan”, Mukhtar Tahir pun tak lupa membakar semangat hidup ratusan penyandang disabilitas yang hadir. Ia mengatakan, keterbatasan fisik bukanlah jadi penghalang bagi seseorang untuk berkarya. “Yang paling penting adalah bagaimana kita semua ini memiliki keterampilan, dan bisa seperti orang normal lainnya,” serunya.

Baca Juga  Persembahan 50 Ribu Relawan di Hari Disabilitas Internasional

Kepala Dinsos ini berharap dengan bantuan Pemkot, baik yang bersifat materi maupun sekedar penyemangat, bisa menjadi motivasi tersendiri bagi mereka. Sehingga dengan demikian, kata Mukhtar, para penyandang disabilitas tidak memanfaatkan keterbatasannya hanya untuk mengemis di jalanan.