Hari Pertama Makassar F8, 100 Kilo Botol Plastik Terkumpul

Sampah botol plastik yang terkumpul pada hari pertama gelaran Makassar F8. (Foto : Resti Setiawati)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8 di Citraland Losari Sunset Cove 8, JL Metro Tanjung Bunga Kota Makassar pada tanggal 11-13 Oktober 2019 memberlakukan sampah plastik sebagai tiket masuk.

Pada hari pertama event Top 10 Wonderful Indonesia ini, berhasil mengumpulkan sekira 100 kilo botol plastik bekas dari masyarakat yang berkunjung dan memilih masuk dengan membawa botol plastik.

Hal itu sebagai bukti keseriusan Makassar F8 dalam mendukung pemerintah terkait meminimalisir penggunan plastik di Indonesia, khususnya selama event F8 Makassar.

Baca Juga:  Pembenci Makassar F8 Jadi Motivasi Danny Pomanto untuk Tetap Pertahankan

Direktur PT Festival 8 Indonesia, Sofyan Setiawan mengungkapkan, inisiasi dari pengumpulan botol plastik tersebut merupakan kerjasama antara Makassar F8 dan Octopus Indonesia.

“Octopus merupakan flatform digital yang bergerak dalam penanggulangan sampah di Indonesia atau dikenal sebagai Mall Sampah,” kata Wawan sapaan Sofyan, Sabtu, (12/10/2019).

Jika pada pelaksanaan sebelumnya, pengunjung boleh masuk setelah melewati body checking, tahun ini pengunjung cukup membawa 4 buah sampah plastik baik berupa botol maupun kemasan makanan.

Selain masuk dengan membawa botol plastik bekas, masyarakat juga bisa mendownload aplikasi octopus di android dan ios kemudian memperlihatkannya kepada panitia.

Baca Juga:  PUBG Mobile Perkuat Cengkeraman melalui Kerjasama dengan “Mission Impossible: Fallout”

Jika tidak membawa botol dan tidak mendownload, masyarakat akan dikenakan denda senilai Rp 20.000.

“Denda tersebut kami berlakukan agar masyarakat paham bahwa sampah plastik bisa kembali jadi uang dan betapa pentingnya meminimalisir penggunaan plastik demi keberlangsungan bumi lebih baik,” bebernya.

(Resti Setiawati)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.