Hasil Riset: Berkebun, Jogging, Memberi Tingkat Kegembiraan Tertinggi

Getty images/dailymail.co.uk

INIPASTI.COM, Rahasia kebahagiaan adalah berada di luar ruangan: Penelitian menunjukkan berkebun, jogging, dan berjemur matahari adalah cara terbaik untuk mengalahkan kepenatan. Diulas  oleh Ollie Lewis untuk Mailonline, diterjemahkan ke hadapan pembaca, semoga bermanfaat.

Prospek isolasi diri mungkin menakutkan bagi banyak orang, tetapi penelitian baru telah menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat diperoleh dengan tetap menghargai langkah-langkah jaga jarak sosial yang dianjurkan oleh pemerintah. 

Inline Ad

Hal itu sebenarnya klise lama yang telah diucapkan selama bertahun-tahun tetapi berada di luar memang rahasia untuk kebahagiaan.

Penelitian dari World Happiness Index, seperti diungkapkan oleh The Times, menunjukkan bahwa mendapatkan udara segar, terutama dari kegiatan seperti berkebun dan berlari, memberikan tingkat kegembiraan tertinggi. 

Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa menjadi sangat dekat dengan pohon dan taman secara konsisten memberi orang perasaan bahagia. Bagi warga London, pandangan umum tentang Sungai Thames juga menimbulkan perasaan gembira. 

Baca Juga:  Riset: Sakit Hati Obatnya Makan Petai

Penelitian ini melibatkan data sekitar 500.000 momen kebahagiaan yang dicatat oleh 13.000 warga London antara 2011 dan 2018. Menggunakan aplikasi bernama Mappiness, peserta penelitian akan menilai tingkat kebahagiaan mereka dalam skala dari nol hingga 100.  

Emosi yang terkait dengan momen itu kemudian akan diplot di samping lokasi peserta, tingkat kebisingan yang direkam oleh telepon dan cuaca. 

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa olahraga menghasilkan kenaikan tujuh persen poin, mengamati burung dan menikmati alam dikaitkan dengan kenaikan 3,9 poin dan sinar matahari yang tak terputus menambah dua poin persentase pada kebahagiaan seseorang. Berkebun dan menghabiskan waktu di penjatahan menghasilkan peningkatan enam poin persentase. 

Baca Juga:  Unismuh Makassar Raih Klaster Utama Siap Kelola Dana Penelitian Kemendikbud Rp 15 Milyar

Sementara itu, berada di dalam kendaraan menghasilkan pengurangan persentase 0,64 poin dari kebahagiaan seseorang. 

Jan-Emmanuel De Neve, profesor ekonomi di Saïd Business School, Universitas Oxford, mengakui bahwa, sementara lingkungan hijau merupakan pusat kehidupan yang bahagia, politisi berada di bawah tekanan yang semakin meningkat untuk melindunginya. 

“Sebanyak orang menghargai lingkungan yang baik, kebijakan untuk mencapainya sangat sulit,” katanya kepada The Times.

‘Memperkenalkan kebijakan untuk konsumsi yang bertanggung jawab dan memperbaiki iklim sulit bagi manusia. Itu membawa mereka keluar dari zona nyaman mereka dan mengurangi kesejahteraan langsung mereka meskipun mereka menghargai hasil dari kebijakan ini.’

dailymail.co.uk

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.