Hasil Survei IDEC di Medsos, NA Masih Populer dari 6 Figur Lainnya

Indonesia Development Engineering Consultan (IDEC), mengekspose riset terkait bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018 di arena jejaring sosial yang berlangsung di Warkop Independen, jalan Toddupuli, Makassar

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Indonesia Development Engineering Consultan (IDEC), Kamis (18/5) mengekspose riset terkait bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018 di arena jejaring sosial seperti facebook dan instagram selama Januari-Mei 2017.

Direktur IDEC Rahmat R Arsyad  menjelaskan, riset tersebut mereka lakukan setelah melihat betapa berpengaruhnya media sosial dan riset campaign yang terjadi pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta.

Inline Ad

Untuk Sulawesi Selatan sendiri, berdasarkan data Pusat Kajian Komunikasi UI (Puskakom), pengguna internet pada 2014 sebanyak 3,7 juta orang dari 8,5 juta penduduk di Sulsel yang menggunakan facebook dan instagram. Yang pada 2016 pengguna facebook sebanyak 1,99 juta dan instagram 555 ribu orang.

Pada survei medsos yang dilakukan IDEC tersebut, ada enam bakal calon yang disurvei yang selama ini sudah mulai gencar melakukan sosialisasi, yaitu Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Ketua PMI Sulsel yang juga Mantan Bupati Gowa serta adik kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo, Ketua Harian DPP Partai Golkar yang juga mantan Ketua PSSI Nurdin Halid, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Bupati Sidrap yang juga Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse dan Rivai Ras, anggota militer.

Baca Juga:  Ribuan Massa Hadiri Kampanye Dialogis IYL

“Dalam survei ini, kami menggunakan survey network analysis dan critical discourse analysis dengan mengambil perbincangan sejumlah grup media sosial. Dan tergambar bahwa anggota grup terbanyak dengan prosentase 49,98 persen dipimpin Nurdin Abdullah, disusul Rivai Ras 23 persen dan Ichsan Yasin Limpo 7,59 persen,” urai Rahmat saat mengekspose hasil survei di Warkop Independen, jalan Toddupuli Makassar, Kamis (18/5)

Dari jumlah share tentang kandidat, Nurdin Abdullah berada diposisi kedua dengan prosentase hanya 23 persen, setelah Rivai Ras sebesar 24 persen dan diurutan ketiga Nurdin Halid 21,7 persen. Hanya saja untuk jumlah perbincangan facebook Nurdin Abdullah paling tinggi sebesar 50,82 persen disusul Nurdin Halid 15,83 persen dan Rivai Ras 13,63 persen.

Baca Juga:  Partai Koalisi Appi Awasi Kecurangan Berkas Dukungan Independen DIAmi

“Hasilnya memang dominan Nurdin Abdullah, termasuk interaksi dari setiap wacana yang dilempar di medsos mendapat respon 50,22 persen disusul Rivai Ras 14,53 persen dan Nurdin Halid 13,05 persen. Jadi tim Nurdin memang efektif bekerja di medsos,” lanjut Rahmat.

Rahmat menegaskan, jika wajar saja survei medsos ini Nurdin Abdullah tertinggi, karena jumlah medsos yang dia miliki mencapai angka 30. Bahkan Ichsan punya 55 medsos, Rivai 24, Nurdin Halid 13 dan Agus Arifin Nu’mang hanya 6 medsos.

Dan mereka yang merupakan aktif dimedsos terdiri atas lima kelompok yaitu komunitas organisasi, jurnalis, konsultan media, anggota ormas dan mahasiswa.

Sayangnya, dari survei tersebut terlihat jika enam bakal calon guburnur yang disurvei tersebut masih minim gagasan. Karena dari analisis wacana  yang dilakukan dengan membaca wacana dominan perbincangan publik atas profil bakal calon, belum ada satu pun yang mempertajam gagasan dan program Sulsel hendak dibawa kemana.

Baca Juga:  Sulsel - Inggris Jajaki Kerjasama Dua Sektor

“Semua kandidat masih bermain pada persinal selling dan personal history, atau lebih memperkenalkan diri dibandingkan memperkenalkan gagasan mereka,” seru Rahmat.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad