Hati-hati!!! Modus Penipuan Mengatasnamakan Jemaah Haji, Sudah Ada Korban

Screenshot pesan dari akun Facebook Mingrawati Syam lewat aplikasi messenger kepada calon korban. (Foto :Sule)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Ada saja cara Sang Penipu untuk mengelabuhi mangsanya. Terbaru, oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momentum musim haji untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Caranya, Sang Penipu membuat akun Facebook (FB) menyerupai akun salah seorang jemaah haji. Baik nama dan foto profil serta segala sesuatunya dibuat sedemikian rupa agar tidak dicurigai. Kemudian, sang penipu mengirimkan permintaan pertemanan kepada beberapa calon mangsanya yang tak lain adalah teman FB dari akun asli.

Setelah diterima permintaan pertemanan, sang penipu mulai menjalankan aksinya. Dia mengirimkan pesan lewat aplikasi messenger untuk meminta bantuan dengan berpura-pura sebagai pemilik akun asli. Lihat Screenshot di bawah ini :

Untuk lebih meyakinkan, dalam isi pesannya, sang penipu menjanjikan akan memberikan dana lebih jika sudah kembali ke tanah air. Hal ini dialami oleh jemaah haji Kloter 40 Mingrawati Abdul Rahman (39).

Baca Juga:  Bupati dan Kakan Kemenag Gowa Kompak Ingin Tambahan Kuota Haji

Sang penipu membuat akun yang sama persis dengan akun FB-nya yaitu Mingrawati Syam. Meski telah membuat klarifikasi di linimasa FB-nya, tetap saja ada yang masuk dalam perangkap sang penipu.

“Banyak teman dan keluarga yang inbox saya. Dan saya sudah jelaskan. Saya juga sudah kasih klarifikasi di postingan FB bahwa saya tidak pernah minta pulsa atau pun uang kepada siapa pun,” jelas jemaah haji asal Kabupaten Gowa ini kepada tim inipasti.com, Sabtu, (7/9/2019).

Mingra mengungkapkan bahwa kakak sepupunya telah menjadi korban. Dia mengirimkan pulsa sebesar Rp.200 ribu kepada nomor ponsel yang ditulis dalam pesan lewat aplikasi messenger itu. Lihat Screenshot :

Baca Juga:  Tak Indahkan Imbauan, Pengantar JCH Jeneponto Kejar Berkah

Olehnya dia berharap, jika ada yang seperti demikian, agar menghubunginya secara langsung. Dia juga ingin agar pihak terkait, baik itu pihak Facebook ataupun pihak berwajib agar segera menutup akun yang mengatasnamakan dirinya itu.

“Semoga pihak yang berwenang bisa memblokir akun itu. Karena semua teman FB saya diinbox, dimintai pulsa. Baik teman yang dari dalam maupun luar daerah,” harapnya.

Dari penelusuran tim inipasti.com, ternyata benar ada dua aku FB atas nama Mingrawati Syam dengan foto profil yang sama. Cara membedakannya, dengan melihat jumlah teman FB dari akun tersebut.

Akun asli sudah memiliki 2458 teman. Tapi akun palsu, hingga berita ini diturunkan, baru memiliki 90 orang teman. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.