Hewan Kurban, Ternyata Kebutuhan Makassar Paling Besar

Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan, Provinsi Sulsel Abdul Azis. (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut hari raya qurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan telah mendata jumlah daerah yang membutuhan hewan qurban. Tahun ini telah dipersiapkan 26.000 ekor hewan qurban 
Kepala Dinas PKH Sulsel Abdul Azis menjelaskan, jumlah hewan qurban ini diperuntukkan masing-masing 14 ribu untuk Sulsel dan 12 ribu dikirim ke luar daerah, misalnya kalimantan.

Baca Juga  Latih Eks Napi, Ini yang Dilakukan Dinsos Takalar

“Makassar paling besar kebutuhannya, makanya disiapkan sekitar 10 ribu ekor sapi. Sebenarnya persediaan ini hampir sama dengan tahun 2016 lalu,” kata Azis, Minggu (13/8/2017)

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya telah mendata kebutuhan yang ada timnya sudah turun, namun kepastian datanya belum bisa dipastikan biasa setelah idul adha baru akan ditahu berapa hewan qurban yang keluar, estimasi 26 ribu sesuai dengan tahun lalu. 

Baca Juga  Ini Fakta Kinerja Pangan Saat Ini

Menurutnya, para pengusaha ini telah mengantisipasi jika memang terjadi lonjakan permintaan hewan qurban,”kami sudah koordinasi bersama karena inikan dari tahun ke tahun, sudah seperti ini,” terangnya 

Sementara selain mempersiapkan 26 ribu ekor sapi dan kerbau, Dinas PKH juga menyiapkan 7.000 ekor kambing saat idul adha nanti.

Mengenai masalah kesehatan, Azis menyebutkan bahwa dari tahun ke tahun dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya, atau antemortem, yaitu pemeriksaan awal ternak sapi khusus yang akan diqurban, kemudian akan dilakukan pemeriksaan lagi setelahnya buat ternak yang dicurigai menderita penyakit atau disebut postmortem.

Baca Juga  Dinas KISP Sulsel Ajak Masyarakat Pintar Memilih Bacaan  

Sedangkan untuk harga sendiri, Azis menyebutkan sangat tergantung dari jenis sapi yang diqurbankan, misalnya ada Rp 1 juta itukan dikali lagi dengan jumlah orang yang membayar untuk satu hewan tersebut. (Iin Nurfahraeni)

Advertisements

NO COMMENTS

Leave a Reply