Hujan Lebat Mengguyur, Kabupaten Luwu Terendam Banjir

Top Ad

 
INIPASTI.COM –  Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di daerah di Sulawesi Selatan mengakibatkan sungai meluap dan banjir di Desa Ilun Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu.

Dilansir dilaman CNN, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan, sudah mengerahkan sejumlah personel Basarnas menuju ke lokasi banjir.

Inline Ad

“Adanya informasi banjir di Kecamatan Walenrang Barat itu, kami langsung kerahkan personel dari Pos Unit Siaga SAR Masamba dan Palopo,” kata Djunaidi, Minggu 3 Oktober 2021 malam.

Menurut Djunaidi, kondisi banjir yang terjadi cukup parah karena ada laporan sejumlah rumah warga, Desa Ilun Batu hanyut tersapu banjir.

Akan tetapi, Djunaidi menyatakan belum memastikan apakah terdapat korban jiwa dalam bencana banjir itu.

“Tim masih melakukan assesment lapangan untuk mendata jumlah korban yang terdampak serta wilayah mana saja yang membutuhkan evakuasi segera,” kata Djunaidi.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah VI Makassar, curah hujan di wilayah Luwu Raya, berpotensi terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat dan angin kencang.

Hingga saat ini tim penyelamat gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap warga terdampak.

Sementara itu, Ismail Patang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Luwu melaporkan, lokasi terdampak di Kecamatan Walenrang dan Kecamatan Walenrang Barat juga tersapu banjir sementara Kota Palopo dalam kondisi siaga satu, tuturnya.

Ditambahkan akibat hujan lebat mengakibatkan longsor dan menghanyutkan sejumlah rumah.

Sekretaris BPBD Luwu, Aminuddin Alwy yang tiba di lokasi terdampak melaporkan, air setinggi 2 meter memasuki daerah perumahan yang mengakibatkan sekitar 1.295 warga dilanda banjir.

Upaya terpadu  dilakukan anggota Tim Tagana se-Luwu Raya melaksanakan kegiatan perbantuan serta melaksanakan assement di lokasi terdampak.

Sejauh ini masih dalam proses penanganan, tutur Ismail Patang melalui informasi WA Grup Berita Tagana Sulsel (syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply