In Memoriam Danial Rahim (1)

Alm Dr Ir Danial Rahim MSc
Top Ad

ALMARHUM Dr Ir Muhammad Danial Rahim MP, salah satu peneliti handal Unhas menghembuskan nafas terakhirnya, Ahad (10/07/2016) lalu. Hal ini membuat civitas akademika Unhas merasa kehilangan akan sosok dosen kelahiran Ujungpandang, 6 April 1969 ini.

Kepergian peneliti andalan Fakultas Pertanian Unhas ini menyisakan banyak kesan mendalam pada orang-orang yang pernah bekerja atau berhubungan dengannya.

Salah satu dosen sejawat Danial, Dr lr Untung Surapati MSc misalnya, melihat Danial merupakan sosok pekerja keras. “Dia punya intuisi kerja yang istimewa terutama dalam hal mengelola suatu sistem akademik yang buruk menjadi lebih baik,” tuturnya, Rabu (13/7/2016).

Baca Juga:  Nurdin Abdullah Bicara Soal Integritas di Depan Wakil Ketua KPK

Untung menjelaskan bahwa sudah banyak penelitian yang dilakukan berkenaan dengan Penyakit Tumbuhan. Tak heran bila Danial dikenal sebagai ahli Virus Tanaman. Bahkan Juli nanti Danial akan melakukan penelitian berbiaya tinggi, namun telah dibantu dengan dana yang dimenangkannya. “Tapi sayang, takdir bicara lain,” tambahnya.

Selain menjadi peneliti, Danial juga menjabat sebagai sebagai Ketua Prodi Studi Hama dan Penyakit Tanaman Program Pascasarjana. Ia mengantarkan Prodi Hama dan Penyakit Tanaman memperoleh akreditasi A.

Di tengah kesibukannya, tak membuat Danial tidak punya waktu untuk mahasiswa. Ia juga dikenal luwes dan terbuka terhadap mahasiswanya.

Baca Juga:  Danny Bersua Tiga Tokoh Sulsel, Apa yang Mereka Bicarakan?

Salah satu mahasiswa bimbingan Danial, Dewi Asih Jaya mengatakan dosennya merupakan sosok serius dalam kelas, namun jika di luar kelas, ia berubah menjadi pribadi yang bersahabat. “Pak Danial juga orangnya cerdas, kalau ada kesulitan tentang mata kuliah bisa diajak diskusi,” katanya.

Penulis: Unna

 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.