Ini Alasannya Pengganti Cicu Belum Dilantik

Ketua Bamus DPRD Sulsel, Nupri Basri

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Pergantian Antar Waktu (PAW) Andi Rachmatika Dewi sebagai legislator DPRD Sulsel dari fraksi NasDem belum ada kejelasan.

Pasca ketua NasDem Makassar itu menyatakan mundur dan bertarung di Pilwali Makassar 27 Juni 2018 lalu.

Nama Saad Iranda Dollar yang diajukan sebagai pengganti Cicu sapaan akrab Andi Rachmatika Dewi, sebelumnya telah berproses di Sekretariat Dewan namun batal dilantik bersamaan dengan 7 PAW pada 26 September 2018 lalu.

Mengenai kapan dilantik pengganti Cicu, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sulsel, Nupri Basri, menjelaskan pihaknya sampai saat ini belum menerima surat PAW Cicu dari Kemendagri.

“Saya tidak tahu sudah sampai di mana prosesnya, apa ada masalah atau bagaimana kita tidak tahu. Itu di internal partainya. Bamus itu kalau sudah ada SK dari kementerian dalam negeri, yang kita terima maka kita jadwalkan pelantikannya,” kata Nupri di Gedung DPRD Sulsel, Senin 15 Oktober 2018.

Baca Juga:  Bukan Politik Dinasti, Tanribali Yakin Lanjutkan Pembangunan Sulsel

Nupri menjelaskan pergantian Cicu sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Sebab berdasarkan aturan, kata dia, PAW tidak bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa jabatan berakhir.

“Bulan 10 tahun 2019 masa dewan sudah berakhir masa jabatan dewan, jadi masa ada waktu beberapa bulan lagi,” ujarnya.

Sementara Ketua Fraksi Partai Nasdem Sulsel, Muslimin Salam yang ditemui di fraksi NasDem menjelaskan PAW Cicu terhambat karena masih dalam proses hukum di pengadilan.

“Arwan Tjahjadi memasukkan gugatan makanya kami mengembalikan mekanismenya ke KPU karena ada yang keberatan PAW itu,” ujar Muslim Salam.

Baca Juga:  Jalani Psikotes dan Wawancara DPP PDIP, Ini Harapan Cicu di Pilwalkot

Diketahui, Arwan merupakan peraih suara kedua terbanyak setelah Cicu pada Pileg 2014 lalu. Tapi Arwan diketahui dicoret dari keanggotaan partai NasDem.

Di bawah Arwan, ada Fajar Misbah yang pindah ke partai lain. Maka, Saad Iranda Dollar yang meraih suara terbanyak keempat diusulkan menjadi PAW Cicu.

KPU Sulsel sebagai pihak yang menerbitkan nama PAW, juga telah melayangkan surat bernomor 1607/PL.03.1-UND/73/Prov. Dalam surat itu, KPU masih dalam tahap klarifikasi terhadap pihak terkait.

“Pengganti antar waktu atas nama Andi Rachmatika Dewi masih dalam proses klarifikasi lebih lanjut terhadap pihak terkait,” tulis surat KPU tertanggal 20 Agustus 2018, yang ditanda tangani Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas.

Baca Juga:  NasDem Ingatkan Dollah Mando Tak Klaim Keberhasilan di Sidrap

(Muh Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.