Inovatif! Hutan di Tengah Kota, Inikah Solusi Untuk Mengatasi Polusi di Kota?

Bosco Verticale, Sumber: Archello.com

INIPASTI.COM, Seorang arsitek asal Italia bernama Stefano Boeri merancang sebuah proyek luar biasa yaitu gedung berbentuk hutan vertikal atau Bosco Verticale di Kota Milan, Italia. Dua menara tempat tinggal itu setinggi 111 meter dengan 11.000 tanaman, dengan tampilan yang begitu menakjubkan selain fungsional, hutan vertikal ini juga sangat artistik untuk diterapkan.

Konstruksi bangunan hijau itu kini mendominasi cakrawala di kota Milan. Wajah baru di salah satu sudut kota memberi warga, termasuk selebriti dan turis atau pengunjung pemandangan yang sangat indah dan tidak biasa.

Inline Ad

Buah ceri, apel, dan zaitun menjuntai dari dinding-dinding balkon yang juga berhiaskan pepohonan koniver seperti larch dan pohon beech. Seleksi dan penempatan tumbuhan sudah dipikirkan oleh Boeri. Termasuk ketahanan mereka terhadap terpaan angin, juga karakteristiknya-memerlukan paparan sinar matahari atau harus berada di ruangan lembap.

Bisakah hutan vertikal ini meningkatkan kesehatan kita?

Laporan ‘Kota Dunia’ PBB pada tahun 2016 memperkirakan bahwa dua pertiga dari populasi dunia akan tinggal di kota-kota pada tahun 2030. Ini berarti di tahun 2030 diprediksi penduduk kota meluas begitu juga bangunan-bangunan yang akan bertambah dan jumlah hutan atau lahan pertanian akan dialihfungsikan dan diganti menjadi tempat pemukiman dan bangunan dimana hal tersebut akan berdampak pada peningkatan polusi udara dan pemanasan global.
Apakah bangunan seperti Bosco Verticale merupakan solusi dalam mengatasi polusi dan meningkatkan kesehatan masyarakat?

Baca Juga:  Peluncuran BerdayaBareng, Platform Digital Memberikan Akses Terhadap Lapangan Pekerjaan Bagi Disabilitas di Indonesia Timur
Bosco Verticale, Sumber: Pinterest.com

Ini adalah Bosco Verticale di kota Italia Milan. Dua menara tempat tinggal setinggi 111 meter, dengan lebih dari 11.000 tanaman.

Mungkinkah rumah seperti ini meningkatkan kesehatan dan lingkungan kita?

Bosco Verticale, Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Menurut Simona Pizzi yang merupakan seorang penduduk yang tinggal di Bosco Verticale berpendapat bahwa Bosco Verticale adalah tempat tinggal yang sangat indah dan istimewa. Menurutnya tinggal di antara tanaman memberi Anda rasa kedamaian.

Bosco Verticale Ini memberikan kesan yang lebih segar karena didalamnya terdapat banyak ventilasi. Selain itu pohon dan tanaman membantu dalam menahan panas dari luar. Pohon dan tanaman Bosco menyerap karbon dioksida dari kota dan menghasilkan oxgen.

Baca Juga:  Amran Sulaiman Bertekad Dukung Hilirisasi Produk Inovasi Unhas
Arsitek asal Italia, Stefano Boeri, berpose di depan gedung hunian dengan hutan vertikal di Kota Milan yang dirancangnya, Sumber: Sempreinter.com

Menurut Stefano Boeri sang arsitek dalam wawancara ekslusif BBC.Com, “Saya pikir itu adalah salah satu cara paling efisien untuk mengatasi perubahan iklim”. Boeri sekarang merancang hutan vertikal di berbagai belahan dunia. Di Cina, Meksiko, Mesir, Eropa.

Apakah Bosco Verticale terdapat banyak burung dan serangga?

Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Menurut Laura Gatti Konsultan lanskap dan ahli agronomi, “Dua bulan setelah pohon pertama ditanam, kami mengamati terdapat satu sarang. Selain itu seiring bertambahnya waktu berdatangan juga beberapa makhluk hidup lainnya seperti lebah, kupu-kupu, burung yang menempati tanaman”, dalam wawancara BBC.com.

Jumlah serangga yang tinggal itu tidak terlalu banyak dan ada beberapa kepik yang sengaja ditempatkan di sini untuk membunuh bakteri pada tanaman. Dan ada banyak lagi burung yang bersarang di pepohonan.

Di dunia dengan populasi yang terus meningkat, desain hijau ini bisa menjadi jawaban kita untuk bisa tetap menghirup udara segar.

Baca Juga:  Pasangan Suami Istri Jadi Guru Besar di Hari yang Sama, Netizen : So Sweet

Semoga gedung seperti ini juga segera dibangun di perkotaan Indonesia ya agar udara di negeri kita semakin bersih. (eq)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.