IPAL Losari Dapat Kucuran Dari APBN 2017

(Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKP2) Andi Bakti Haruni) (Iin Nurfahraeni)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pembangunan Instalasi Pengelolan Air Limbah (IPAL) Losari, tahun 2017 ini kembali dikerjakan setelah sempat terhenti karena masalah lahan. IPAL Losari mendapat anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 58 miliar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKP2) Andi Bakti Haruni mengatakan dengan adanya anggaran tersebut pengerjaannya bisa dilanjutkan kembali.

Inline Ad

“IPAL Losari merupakan bagian dari 10 program prioritas tata ruang Kawasan Maminasata. Proyek ini sempat terhenti karena masalah pembebasan lahan. Pemkot Makassar sudah membebaskan lahan, dan sudah ada desain proyek. Kami harapkan proses pembangunannya bisa terus berjalan,”kata Bakti, Rabu (15/2/2017

Baca Juga:  Wali Kota Makassar Peraih Setyalencana Tercepat di Indonesia

Pembangunan IPAL ini, menurut Bakti akan menelan anggaran hingga triliunan rupiah, “dengan anggaran yang sudah diberikan, maka pembangunannya masih terbatas pada instalasi perpipaan,” ungkapnya.

Ia berharap agar pembangunan IPAL untuk tahun ini, tidak mengalami kendala mengingat rencana pembangunannya sudah cukup lama.

Sementara itu, Bakti menambahkan khusus untuk Satuan Kerja
Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman yang didanai oleh APBN, Sulsel mendapat alokasi anggaran sebesar Rp177, 6 miliar.

Baca Juga:  BPKA Makassar Latih ASN Kelola Barang dan Aset

Anggaran tersebut meliputi beberapa item kegiatan yaitu pembangunan instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Kabupaten Sinjai dan Takalar, pembangunan sistem pengelolaan drainase, pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Palopo, Kabupaten Maros, dan Toraja, dan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R Kabupaten Bone.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad