Jalur KA Takalasi-Tanete Rilau Masuk Tahap Sertifikasi

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Jalur Kereta Api, Makassar-Parepare, mulai masuk tahap sertifikasi untuk segmen C yaitu Takalasi-Tanete Rilau di Kabupaten Barru sepanjang 20 Km.

Inline Ad

Hal ini, diungkapkan oleh Kepala Divisi Teknik Pengembangan Perkeretaapian Pangkep-Barru Arinova G Utama

“Iya sedang masuk tahap pengujian segmen C di Barru. Yang diajukan 20 Km dari 47 Km jalur kereta yang telah diselesaikan,” kata Arinova, melalui pesan singkat, Kamis (8/4)

Menurut Arinova, pemberian sertifikasi ini sangatlah penting sebelum beroperasi nanti baik sebagai Kereta Api penumpang maupun barang.”Tim pengujian sudah turun, setelah itu baru sertifikasi,” ujarnya

Lebih jauh, Arinova mengungkapkan yang akan disertifikasi yaitu untuk  kelayakan jalur dan bangunan, dilakukan oleh Balai Pengujian Perkeretaapian.

Baca Juga:  Pemprov Tunggu Dokumen Perencanaan Panlok Lahan KA Mandai -Makassar

“Setelah balai pengujian selesai melakukan uji, hasilnya disampaikan ke Dirjen. Sertifikasi nantinya akan dikeluarkan oleh Dirjen,” jelasnya.

Dari data sebelumnya, untuk pengerjaan konstruksi yang telah selesai yaitu segmen B dan C, dimana meliputi  Palanro-Takalasi dan Takalasi-Tanete Rilau.

Untuk pembebasan lahan sendiri, jalur Pangkep dengan panjang jalur  40,9 km dengan kebutuhan lahan 2.196 bidang yang telah dibayarkan sebanyak 1.852 bidang dan belum terbayar 164 bidang.

Sedangkan untuk stasiun dan sidding track panjang 9,5 Km dengan kebutuhan lahan 628 bidang yang terbayarkan 57 bidang dan belum 541 bidang.

Baca Juga:  Pembebasan Lahan KA, Bupati Maros: Pembayaran Harus Dilakukan Hati-hati

Jalur Barru, panjang 45,3 Km dan sidding track ke pelabuhan Garongkong 3,5 km , sudah selesai pengerjaan konstruksinya. Sedangkan untuk, stasiun kebutuhan lahan 230 bidang dengan lahan dibayarkan 145 bidang dan belum ada 85 bidang.

Dan konsolidasi Garongkong, ada 39 bidang dan saat proses pengukuran dan inventarisir BPN.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.