Kloter 30 Tiba, 2 Jemaah Haji Meninggal, Satu Akibat Muntah Darah

Beberapa jemaah haji Kloter 30 Debarkasi Makassar langsung menerima perawatan medis di poliklinik Asrama Haji Sudiang saat tiba di tanah air, Jum'at, (21/9/2018). (Foto : Sule)

INIPASTI.COM, SUDIANG – Jumlah jemaah haji Kloter 30 Debarkasi Makassar berkurang saat tiba di tanah air. Saat berangkat, 450 jemaah haji terbang ke tanah suci. Namun saat tiba di tanah air, jumlahnya hanya 445 orang. Dua di antaranya meninggal dunia di Arab Saudi.

“Ada dua orang yang meninggal dunia, semuanya dari Bulukumba. Sawakati Binti Tuga meninggal 22 Agustus lalu, dan Husnawati Muhammad Sanusi meninggal kemarin pada tanggal 17 September,” jelas Ketua Kloter 30 Abd Hakim saat ditemui di sela-sela penerimaan kembali jemaah haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar di aula 3 Asrama Haji Sudiang, Jum’at, (21/9/2018).

Abd Hakim menjelaskan bahwa Sawakati yang merupakan warga Bontobahari, Kabupaten Bulukumba ini tutup usia di rumah sakit Arab Saudi. Sawakati meninggal dunia di usianya yang ke-59 tahun. Sedangkan, tambahnya, Husnawati meninggal dunia pada usia ke-53 tahun saat hendak dirujuk ke rumah sakit.

Jemaah haji Bulukumba, Husnawati (duduk di kursi roda) saat hendak dirujuk ke rumah sakit setelah mengalami muntah darah pada 17 September 2018. (Foto : Istimewa)

“Kalau ibu Husnawati muntah darah di kamar mandi hotel saat hendak berwudhu untuk shalat dhuhur. Darah keluar dari hidungnya. Saat akan dibawa ke rumah sakit, beliau sudah dinyatakan meninggal dunia. Kira-kira hanya 30 menitan dari muntah darah hingga beliau meninggal dunia,” ungkapnya.

Baca Juga:  JCH Kloter 14 Wafat di Hotel, Keluarga Ikhlaskan dengan Isak Tangis

Sedangkan kekurangan 3 jemaah haji lainnya, ASN di Kemenag Bulukumba ini menjelaskan bahwa satu di antaranya masih di rawat di rumah sakit. Sedangkan 2 orang lainnya telah pulang terlebih dahulu ke tanah air. Di mana, kata dia, 2 orang tersebut merupakan jemaah haji dari Kloter lain yang ikut di Kloter 30 saat pemberangkatan.

Baca Juga:  5 Seat Kosong di Kloter 9, Ini Sebabnya!?

“Satu orang masih di rawat di rumah sakit An Nur Mekkah atas nama Bacce Maseng Gesong. Sedangkan 2 orang lainnya sudah kembali ke Kloter mereka semula,” tutupnya.

Diketahui jemaah haji Kloter 30 Debarkasi Makassar ini terdiri dari 445 jemaah haji yang didampingi 5 orang petugas kloter. 409 orang merupakan jemaah haji Bulukumba, sedangkan 36 orang lainnya adalah jemaah haji Kota Makassar. Ratusan jemaah haji ini mendarat di bandara internasional Hasanuddin pada pukul 14.03 WITA. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.