Jemaah Haji Kloter 7 Asal Maluku Utara Disambut Masyarakat Bugis Makassar

Warga Kabupaten Maros memeluk keluarganya meski dihalangi oleh tembok aula 3 Asrama Haji Sudiang, Minggu, (2/9/2018). (Foto : Sule)

INIPASTI.COM, SUDIANG – Kloter 7 Debarkasi Makassar seluruhnya adalah jemaah haji Provinsi Maluku Utara (Malut). Namun pada saat 449 jemaah haji ini tiba Asrama Haji Sudiang, terlihat banyak masyarakat Bugis Makassar yang menyambut kedatangannya.

“Saya dari Kabupaten Maros, sudah di sini sejak jam 10 malam karena dapat informasi bahwa mereka tiba jam 12 malam. Ternyata sampai di sini, katanya nanti jam 2,” jelas Hj Tima (35) yang ditemui di dalam areal Asrama Haji Sudiang sesaat setelah bus Kloter 7 Debarkasi Makassar tiba, Minggu, (2/9/2018).

Warga Bugis Makassar tampak memenuhi pagar pembatas melihat jemaah haji Kloter 7 Debarkasi Makassar menuruni bus. Minggu, (2/9/2018). Foto : Sule)

Tima mengaku datang ke Asrama Haji Sudiang untuk menjemput sepupunya yang menjadi jemaah haji Kota Ternate. Ia mengungkapkan bahwa sepupunya tersebut merupakan warga Kabupaten Maros namun mendaftar haji di Kota Ternate. Ia pun datang ke Asrama Haji Sudiang bersama puluhan sanak saudaranya dengan menggunakan 6 mobil, dua di antaranya adalah angkot.

Baca Juga:  Kloter 9 Tiba, JCH Sinjai Tertidur di Masjid

Sejalan dengan itu, warga Maros lainnya, Rustam (30) juga mengaku datang untuk menjemput kakeknya yang berhaji lewat Provinsi Malut. Ia datang dengan menggunakan satu mobil pribadi. “Mau jemput kakek saya,” singkatnya.

Diketahui jemaah haji Kloter 7 Debarkasi Makassar ini take-off pada pukul 00.29 WITA. Bus yang mengangkut ratusan jemaah haji dari Bandara Hasanuddin ini berangsur memasuki Asrama Haji Sudiang sekira pukul 01.25 WITA. Mereka kemudian mengikuti acara penerimaan dan penyerahan kembali jemaah haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar.

Baca Juga:  Info Haji 2017 : Kloter 25 Dipastikan Tidak Masuk Asrama Haji Sudiang

Untuk jemaah haji yang memang merupakan warga asli Malut atau berdomisli di sana, mereka disuruh bersiap-siap pada hari Senin besok sejak pukul 02.00 WITA. Mereka akan kembali ke tempat asal masing-masing. Sedangkan jemaah haji Malut yang merupakan warga Bugis Makassar dijemput oleh keluarganya masing-masing.

449 orang merupakan jumlah yang tidak utuh seperti saat diberangkatkan ke tanah suci. Terdapat salah seorang dari jemaah haji Kloter 7 ini yang meninggal dunia di Kota Mekkah. Dia adalah Khabil Abdullah Syafi. Jemaah haji asal Tidore Kepulauan ini meninggal dunia pada 25 Agustus lalu. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.