Kebun Raya Pucak Maros segera Dibenahi

(Kepala Balitbangda Sulsel Muhammad Firda) (Iin Nurfahraeni)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulawesi Selatan, akan menganggarkan Rp 5 miliar pada tahun ini, yang diperuntukkan untuk pengembangan Kebun Raya Pucak di Maros.

Kepala Balitbangda Sulsel Muhammad Firda, menjelaskan pembenahan Kebun Raya Pucak ini, sudah lama akan dilakukan, sejak 2006, tapi memang baru master plannya selesai, dan saat ini fasilitas yang ada masih minim.

Inline Ad

“Tahun depan, rencananya akan dilakukan pengerjaan di beberapa bagian, karena yang diinginkan agar kebun raya bisa berfunsi sesuai dengan fungsinya penelitian dan pendidikan, observasi dan wisata,” kata Firda, usai Pemaparan Program Strategis SKPD Lingkup Pemprov Sulsel yang digelar Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel di Makassar, Kamis (16/2/2017)

Untuk mendukung semua itu akan.dibangun fasilitas penting diantaranya laboratorium, guest house, tempat untuk para peneliti, “Kami sudah memiliki perencanaan untuk pengembangannya bekerjasama dengan dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bahkan Kami sudah membentuk Unit Pelayanan Teknis Badan (UPTB),” ungkapnya.

Nantinya Kebun Raya Pucak akan memiliki pintu gerbang, taman-taman yang representatif, dilengkapi dengan fasilitas lebih memadai termasuk adanya mushola, dan penginapan.

” Akses akses jalan menuju lokasi tersebut juga sudah memungkinkan, kedepan infrastrukturnya akan lebih ditingkatkan,”ujar Firda lebih jauh lagi

Kebun Raya Pucak di Maros memiliki luas lahan 143 hektare ini, nantinya akan dibuat seperti Kebun Raya Bogor. Ia menjelaskan telah bekerjasama dengan LIPI untuk mencari jenis-jenis tanaman langka
tanaman lokal khas Sulsel, dan tanaman obat-obatan.

“Saat ini sudah ada 700 jenis tanaman langka, serta 100 tanaman herbal. Rencananya akan ada satu kawasan khusus yang diperuntukkan menanam buah lokal, seperti coppeng dan bonne,” terangnya

Untuk saat ini, Firda mengatakan menggratiskan uang masuknya, terutama pada mahasiswa yang akan melakukan kegiatan di sana.

Bottom ad