Kecanggihan Kartu Nikah Kemenag Akan Berintegrasi dengan e-KTP

Kementerian Agama RI akan mengubah Buku Nikah, menjadi Kartu seperti ATM dan akan berintegrasi dengan e-KTP (Sumber: Bimas Islam/Kemenag.go.id)

INIPASTI.COM, JAKARTA – Kementerian Agama akan meluncurkan kartu nikah dengan kode quick response (QR). Kode ini akan tersambung dengan aplikasi sistem informasi manajemen nikah berbasis website (simkah web), untuk mengatasi maraknya pemalsuan buku nikah.

Nantinya, kartu nikah ini akan berisi tentang informasi tentang pernikahan bersangkutan, “Isinya tentang informasi pernikahan yang bersangkutan seperti nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah,” kata Direktur Jenderal Binmas Islam, Muhammadiyah Amin, seperti dilansir dari Tempo.co.

Seperti diketahui,  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah meluncurkan aplikasi Simkah Web, pada 8 November lalu. Peluncuran tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor: 470/5711/SJ dan Nomor 20 tahun 2015 Tentang Kerjasama Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan KTP Elektronik dalam Lingkup Kementerian Agama.

Baca Juga:  Syahrul: Ini Menyempurnakan Karir Birokrat Saya

Simkab Web ini telah diujicobakan kepada KUA di seluruh provinsi sejak Juni 2018. Ia menjelaskan dalam aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mudah digunakan karena input data yang dilakukan cukup  memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka formulir nikah sudah terisi dengan data-data isian yang diperlukan dalam membuat akta nikah, buku nikah, dan kartu nikah.

Baca Juga:  Target WTP, Kemenag RI Terapkan Nilai Budaya Kerja

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.