Kejutan MotoGP Catalunya: Mantan dan Calon Juara Dunia Jatuh, Quartararo Rebut Puncak Klasemen

INIPASTI.COM, BARCELONA – MotoGP 2020 seri ke-8 atau MotoGP Catalunya menyajikan begitu banyak kejutan. Dari terjatuhnya Pemimpin Klasemen Sementara Andrea Dovizioso, hingga dua rider Suzuki yang berhasil meraih podium di akhir-akhir pertandingan.

Kejutan MotoGP Catalunya yang berlangsung Minggu, 27 September 2020 ini terjadi sejak awal balapan. Tidak berselang lama setelah bendera start dikibarkan, 2 rider sudah terjatuh. 

Inline Ad

Kedua rider tersebut adalah Johann Zarco dan Andrea Dovizioso. Jatuhnya Dovizioso ini membuatnya tidak bisa mempertahankan puncak klasemen sementara MotoGP 2020. Hal itu tentu membuatnya kesal, terlihat di pinggir arena Dovizioso memukul-mukul tanah saking kesalnya. Terlebih dia terjatuh akibat Zarco yang terpeleset tepat di depannya.

Kejutan kedua adalah terjatuhnya legenda hidup Valentino Rossi. Pembalap Yamaha Monster ini start di posisi ketiga dan di lap pertama Rossi sudah berada di posisi kedua sebelum di salip oleh Fabio Quartararo pada lap ke-6 yang kemudian berhasil menyalip Franco Morbidelli pada lap ke-8.

Baca Juga:  Rossi Absen Karena Positif Covid-19, Suzuki Berjaya di MotoGP Aragon

Setelah berada di urutan ke-3 selama 7 putaran, Rossi bisa kembali merebut posisi kedua setelah Morbidelli mengalami masalah pada bannya. Masalah ban Morbidelli pada lap ke-14 itu memaksanya melakukan kesalahan saat tikungan.

Kesalahan itu memberikan kesempatan kepada Rossi untuk merebut posisi kedua. Namun sayang, Rossi masih harus menahan dahaganya meraih podium ke-200-nya karena terjatuh pada saat balapan menyisakan 9 lap lagi.

Selain Zarco, Dovizioso dan Rossi. Masih ada 2 rider lagi yang terjatuh pada seri ini. Yaitu Pol Espargaro yang jatuh pada lap ke-13 dan Miguel Oliveira yang terjatuh pada lap ke-18.

Kejutan selanjutnya adalah dua rider Suzuki yang berhasil meraih podium 2 dan 3 padahal mereka start di posisi 8 dan 13. Keduanya adalah Joan Mir dan Alex Rins.

Joan Mir terlebih dahulu menyalip Jack Miller yang berada di posisi ketiga pas saat Rossi terjatuh. Masalah ban yang dialami oleh Morbidelli memberi keuntungan kepada Joan Mir. Betul saja, Joan Mir berhasil merebut posisi kedua saat balapan menyisakan 2 lap lagi.

Baca Juga:  MotoGP Virtual Race, Saat Balapan Kelas Dunia Digelar #dirumahaja

Serupa dengan rekan setimnya, Alex Rins juga terlebih dahulu mendahului Miller. Setelah itu mengambil keuntungan dari masalah ban yang dihadapi oleh Morbidelli. Alex Rins pun berhasil merebut podium ketiga pada final lap.

Dengan demikian, Morbidelli harus puas di posisi keempat meskipun start di posisi pertama.

Sementara itu, Quartararo yang sedari lap ke-8 sudah berada di posisi pertama tidak bisa dikejar lagi oleh Duo Rider Suzuki ini. Sehingga Quartararo berhasil menjadi juara pada MotoGP Catalunya sekaligus merebut puncak klasemen sementara MotoGP 2020 dari Dovizioso.

Fabio Quartararo kini berada di puncak klasemen dengan 108 poin. Sementara Andrea Dovizioso tetap 84 poin. Bahkan Dovizioso juga tergeser oleh Joan Mir yang kini berada di peringkat kedua dengan 100 poin.

Dovizioso kinu berada di peringkat keempat klasemen sementara MotoGP. Dia berada di bawah Maverick Vinales yang pada seri ini berhasil finis di posisi 9. Poin Vinales yang ssehingga sebelumnya 83 bertambah 7 menjadi 100 poin.

Baca Juga:  MotoGP: Salip Quartararo di Tikungan Terakhir, Marquez Kunci Juara Dunia 2019

(Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.