Kelas Inkubator PLUT Sulsel Belajar Penyusunan SOP

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Sulawesi Selatan kembali menggelar kelas inkubator bisnis, Rabu (6/11) di Gedung PLUT Sulsel,Jl.Metro Tanjung Bunga.

Kelas inkubasi yang diikuti puluhan UMKM kali ini membimbing peserta dalam penyusunan SOP, dengan narasumber konsultan kelembagaan PLUT Sulsel, Putra Handayani.

Materi SOP diberikan bertujuan untuk meningkatkan daya saing pelaku KUMK dengan memiliki sistemasi usaha dengan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) yang akan mengatur kelancaran kegiatan operasional sebuah usaha

Baca Juga:  Berkurban 584 Ekor Sapi, LDII Sulsel: Idul Adha Momentum Membina Persatuan dan Kesatuan Bangsa

“Dengan kemampuan menyusun dan menerapkan SOP akan memberikan dampak langsung pada pada kemampuan SDM dengann menjalankan fungsi manajemen dengan baik,” ujar Putra.

Dalam pelatihan ini, peserta berlatih menyusun pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam koperasi untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan berjalan secara efisien, efektif, konsisten, standar dan sistematis.

Koordinator Konsultan PLUT Sulsel,Bahrul ulum mengatakan,SOP sangat penting bagi UMKM yang mau naik kelas dengan membangun sistem.

Baca Juga:  Hari Kartini, Manajemen Aston Makassar Siapkan Paket Khusus

“SOP adalah sistem manual standar yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja dalam bisnis,” tandasnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.