Kemendagri Pilih Gowa Jadi Sampel  Penyelenggara Pemerintahan di Sulsel

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pemkab Gowa menjadi satu-satunya kabupaten terpilih mendapatkan kesempatan dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi sampel uji coba terkait indikator penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Hal ini diungkapkan Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, saat membuka Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 dan Uji Indikator Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan, di Hotel Ramedo Makassar, Rabu, (30/10/2019).

“Kita patut berbangga karena dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan, hanya Gowa yang mendapatkan kesempatan ini,” ujar Kamsinah.

Peluang ini merupakan kesempatan emas yang selayaknya dipergunakan baik-baik oleh Pemkab Gowa untuk lebih dini guna mempersiapkan penyusunan Laporan Pennyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Baca Juga:  Tahun 2020, Gaji Honorer Dinaikkan

” Kesempatan baik ada buat kita karena dapat mengetahui lebih awal indikator-indikator terbaru yang menjadi fokus penyelenggaraan urusan pemerintahan. Baik urusan wajib pelayanan dasar dan non pelayanan dasar serta urusan pilihan,” jelasnya lagi

Sehingga para local contac (penyedia data) di masing-masing SKPD akan lebih paham konteks laporan yang disusunnya.

” Jadi peserta yang merupakan perwakilan tiap SKPD diharapkan mampu mengetahui indikator-indikator apa saja yang memiliki peranan penting dalam penyusunan Laporan Pennyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD),” harap Inspektur Kab Gowa.

Sejalan kegiatan ini  juga digelar sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019. 

PP Nomor 13 ini merupakan pengganti PP Nomor 3 Tahun 2007 dan PP Nomor 6 Tahun 2008 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca Juga:  Produksi Jagung Gowa Over Stok

“Sosialisasi ini diharapkan menyamakan komitmen kita tentang bagaimana menyusun LPPD secara lebih baik. Karena LPPD merupakan indikator utama dalam menilai progres report keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah,” tambah Kabag Pemerintahan dan otoda, Zubair.

Narasumbernya yang mengisi kegiatan ini berasal dari Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah.

Sekadar diketahui, kegiatan ini diikuti 64 peserta local contact penyedia data LPPD masing-masing SKPD dan Kecamatan lingkup Pemkab Gowa. (rls)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.