Kencing Nanah ( Gonore ) Ancam Pelaku Seks Bebas

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Zaman semakin maju. Kemajuan zaman selalu berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Baik kemajuan zaman maupun kemajuan teknologi, keduanya membawa dampak negatif bagi generasi penerus. Salah satunya adalah mengenai pergaulan bebas.

Masalah pergaulan bebas bukan hanya terjadi di era milenia sekarang ini. Namun, pada era sekarang ini, pergaulan bebas tampaknya sudah dianggap hal yang sepele oleh para orangtua. Sebut saja masalah Narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba), Minuman Keras, sampai ke perilaku seks bebas. Kesemua itu tentu saja membawa efek negatif yang membahayakan bagi pelakunya.

Seks bebas misalnya. Perilaku ini sangat teramat membahayakan bagi pelakunya. Begitu banyak penyakit mematikan yang bisa muncul akibat seks bebas, yang paling mematikan adalah HIV/AIDS. Akan tetapi, bukan cuma HIV/AIDS saja yang diakibatkan oleh perilaku ini. Satu di antara sekian banyak penyakit itu adalah Kencing Nanah atau Gonore.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Fadillah Zainuddin, penyakit ini umumnya menyerang pria. Sedangkan bagi wanita, gejala Gonore tidak begitu dirasakan. Bagi pengidapnya, akan merasakan keperihan yang sangat saat ia kencing. Kencing terasa panas, dan ujung penis terasa terbakar.

Baca Juga:  Pantau Eliminasi Malaria, Dinkes Kota Makassar Libatkan Masyarakat

Fadilah Zainuddin menegaskan bahwa penyakit kelamin tersebut diakibatkan oleh Bakteri Neisseria Gonorhoeae (Gonococcus) yang merupakan diplococus gram negatif. Penyakit ini akan terasa setelah dua hari terjangkit bakteri tersebut. Gonore dapat menular jika seseorang melakukan hubungan seks vaginal, dubur, atau mulut dengan seseorang yang sudah terinfeksi bakteri tersebut tanpa menggunakan kondom. Bahkan menggunakan kondom sekalipun, kata Fadillah, belum menjamin seratus persen aman bagi pelaku seks bebas.

Berikut gejala Kencing Nanah sesuai penjelasan dr Fadillah Zainuddin yang ditemui tim inipasti.com dan dari berbagi sumber :

1. Gejala akan muncul 2-7 hari setelah melakukan seks dengan orang yang terinfeksi bakteri tersebut
2. Merasakan ketidaknyamanan seperti perih dan nyeri pada saluran kencing
3. Keluar nanah atau cairan putih pada kemaluan, bahkan beberapa kasus ada yang bercampur dengan darah.
4. Jika nanahnya banyak, maka akan keluar sendiri atau bersamaan dengan masturbasi. Namun biasa juga hanya berupa bercak-bercak putih/kuning di celana yang ditemui saat bangun tidur di pagi hari.
5. Jika kencing, akan merasakan perih yang teramat sangat luar biasa bahkan kemaluan serasa terbakar. Namun, sebagian orang yang mengidap Gonore tidak mengalami hal tersebut.
6. Cairan putih bercampur nanah keluar dari penis pada waktu-waktu tertentu yang membuat pengidapnya merasakan perih.

Baca Juga:  Tahun 2019, Seluruh Masyarakat Makassar Dipastikan Terdaftar BPJS

Dokter spesialis kulit dan kelamin ini pun berbagi tips pencegahan. Berikut tips pencegahan Kencing Nanah atau Gonore:

1. Tidak melakukan seks bebas
2. Tidak melakukan seks lebih dari satu pasangan dalam waktu yang berdekatan
3. Tidak melakukan seks pada saat haid.

Fadillah pun mengimbau agar orang yang mengidap penyakit tersebut untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Karena jika tidak ditangani secara tepat dan cepat, akan menimbulkan penyakit kelamin lainnya, seperti kanker prostat dan kuntil kelamin. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.