Kesasar Usai Lontar Jumrah, Jemaah Haji Shalat dan Kelaparan di Atas Bus

Tampak jemaah haji Kloter 40 berjalan kaki menuju hotel. (Foto : MAR)

INIPASTI.COM, MEKAH – Jemaah Haji telah menuntaskan puncak haji. Hal itu ditandai dengan telah dilaksanakannya proses melontar jumroh yang terakhir, atau Jumrah Aqabah pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Setiap tahunnya, setelah proses melontar jumroh, jalanan akan tampak padat. Bus yang mengarah dari Mina ke Kota Mekah terlihat berjejeran. Begitu pula pada musim haji tahun ini.

Bahkan menurut salah seorang Jemaah Haji Kloter 40 yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa bus yang ditumpanginya tidak tahu arah jalan menuju hotelnya. 

“Bus kami kesasar, tidak tahu jalan menuju hotel kami. Kami susah komunikasi sama sopirnya karena pakai bahasa Arab. Kami sudah 5 jam di atas bus, jemaah kebingungan. Kami dari rombongan 29 kelompok 7 Kloter 40,” jelas jemaah berinisial MAR yang menghubungi tim inipasti.com melalui sambungan telepon.

Baca Juga:  Ini Jadwal Terbaru Kloter 15 sampai 18 Embarkasi Makassar Setelah Penundaan

MAR mengatakan bahwa mereka berjumlah 18 orang baru saja dari Mina menuju Mekah. “Tadi jam 5 kami jalan kaki 8 km untuk melempar jumroh, jam 10 kami berangkat dari maktab dan sampai sekarang belum tiba di hotel,” imbuhnya.

Mereka pun terpaksa shalat dhuhur dan ashar di atas bus. Bahkan beberapa jemaah kelaparan karena belum makan siang. “Sekarang di sini pukul 17.29, tadi shalat di atas mobil. Kami sudah kelaparan ini,” keluhnya.

Baca Juga:  Lihat Langsung Baitullah, JCH Termuda Jeneponto Menangis Takjub

MAR juga mengaku sudah menghubungi ketua kloter dan PPIH di Arab Saudi. Namun katanya mereka tidak bisa berbuat apa-apa. 

Terakhir, MAR mengabarkan bahwa belasan jemaah haji itu diturunkan di tengah jalan. Mereka pun harus berjalan kaki menuju hotel.

“Ini kami sudah diturunkan di jalan. Kami harus jalan sekitar 1 KM ke hotel,” tutupnya. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.