KM Satya Kencana Terbakar, 54 Mil Laut Kalimantan Selatan

Top Ad

INIPASTI.COM, BANJARMASIN – Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX dengan rute Surabaya menuju Banjarmasin, dilaporkan terbakar pada posisi 04-43.67 LS / 113-57.81 BT atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan,Sabtu (4/8) pukul 05.35 Wita.

“Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin melaporkan, ada informasi dari kapal KM. Niki Sae, bahwa pada tanggal (4/8) pukul 05.35 WIB, KM.Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM.Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan,” terang Junaidi.

Inline Ad

Junaidi menjelaskan bahwa proses evakuasi penumpang dilakukan oleh Kapal KM. Niki Sae, KM. Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

Kapal KM. Satya Kencana IX merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT. Dharma Lautan Utama, memiliki berat GT 11.657 mengangkut 198 orang penumpang dan 32 orang awak kapal serta beberapa kendaraan.

Adapun unsur yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi para penumpang kapal tersebut terdiri dari KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin.

“Pukul 11.25 Wita, KM Kumala telah menyisir perairan di titik musibah terbakarnya KM. Satya Kencana IX dan tidak menemukan penumpang lainnya yang belum dievakuasi.

Sementara Kapal patroli KPLP dan kapal Navigasi Kemenhub terus melakukan penyisiran, sementara itu kapal KM. Satya Kencana IX lego jangkar dan dilabuhkan di lokasi kejadian tersebut,” tutup Junaidi.

Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Wijayanto mengatakan data sementara korban terbakarnya Kapal Motor Satya Kencana IX milik PT Dharma Lautan Utama sebanyak 230 orang, yang terdiri atas 198 orang penumpang dan 32 orang anak buah kapal.

Wijayanto mengatakan, penumpang selamat pertama yang dievakuasi memakai KM Nikki Sae berjumlah 111 orang penumpang, ABK berjumlah 29 orang, dan 1 orang tewas.

KM Nikki SAE mengangkut korban sebanyak 141 orang.
Selain itu, evakuasi kedua menggunakan Kapal Motor Kumala berjumlah 89 orang penumpang selamat.

Mereka terdiri dari 71 orang penumpang dan ABK berjumlah 18 orang. Alhasil, KM Kumala mengangkut 89 orang korban kebakaran KM Satya Kencana IX.

Menurut Wijayanto, kedua unit kapal yang melakukan rescue diperkirakan tiba dengan waktu yang berbeda.

KM Nikki Sae akan tiba pada pukul 18:00 Wita di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan KM Kumala akan tiba sekitar pukul 20.00 Wita.

Ia mengatakan, untuk penyebab terbakarnya Kapal Motor Satya Kencana IX milik PT Dharma Lautan Utama masih dalam tahap pendalaman pihak yang berwenang. “Tapi semuanya terangkut (korbannya),” ujarnya

Tagana Banjarmasin yang dikoordinasi Achmadi, turut memberikan advokasi terhadap para korban yang mengalami trauma, ungkap Achmadi dalam laporannya yang ditujukan ke Kementerian Sosial di Jakarta.
(Syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.