Komisi III, pertanyakan pencopotan Kapolres Kampar

Top Ad

INIPASTI.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Dipo Nusantara, menanyakan alasan Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan.

Dipo mempertanyakan apakah benar Asep dicopot karena tak mendengarkan arahan.

“Apakah benar pencopotan Kampar tersebut (karena) tidak mendengarkan arahan atau ngobrol ?” tanya Dipo dalam rapat Komisi III dengan Kapolri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar Supriansyah, mengapresiasi pencopotan itu. Dia menilai Idham bertindak tegas.

“Saya mengapresiasi kepada Bapak Kapolri yang sudah memperlihatkan ketegasannya di kurang-lebih 1 bulan menjadi Kapolri.

Baca Juga:  Jelang Pilkada 2018, Dewan Minta Perketat Penyiaran di Sulsel

Yang sudah memecat anggota yang kurang memperhatikan ketika pimpinan melakukan arahan, dan itu sangat terpuji sekali,” kata Supriansyah.

Sebelumnya, AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar. Padahal Asep baru saja diangkat menduduki jabatan tersebut, yaitu pada September 2019.

AKBP Asep diganti lantaran tak memperhatikan arahan Kapolri Jenderal Idham Azis saat HUT Brimob di Depok, Jawa Barat. Asep bakal diperiksa oleh Propam.

“Ya (tidak memperhatikan arahan Kapolri) dan saat ini Kapolres masih diperiksa di Propam. Jadi untuk memudahkan pemeriksaan, kami tarik dulu,” kata Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga:  Lima Pimpinan Baru KPK Pilihan DPR

Idham menjelaskan pencopotan itu juga berkaitan dengan masalah etika dan keteladanan. Dia ingin memberikan contoh kepada kapolres lainnya agar lebih disiplin.

“Dan itu bagi saya satu keteladanan lebih baik daripada 1.000 nasihat dan saya ingin memberi gambaran kepada kapolres yang lain.

Saya akan memberi gambaran kepada kapolres yang lain bahwa Anda dilihat oleh Anda punya anak buah. Kalau Anda sudah nggak benar, bagaimana kau bisa memimpin satu kesatuan (bs/syakhruddin).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.