KPU Sulsel Mulai Lakukan Coklit Jelang Pilkada

INIPASTI.COM, MAKASSAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan pemutakhiran data menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Sabtu, (20/1/2018)

Selain mendatangi Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, KPU berkunjung ke kediaman AGH Sanusi Baco, serta kediaman Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel Bambang Permadi untuk sosialisasi coklit ini.

Komisioner KPU, Ana Rusli mengungkapkan, pihaknya mulai melakukan sosialisasi coklit termasuk di Sulsel. Masyarakat diimbau agar bersiap-siap menyambut pelaksanaan rangkaian Pilkada dengan menyiapkan berkas yang dibutuhkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Kegiatan ini merupakan pencocokan dan penelitian tahap awal data pemilih. Kami juga melaksanakan sosialisasi, kepada masyarakat, termasuk door to door,” kata Ana.

Baca Juga:  "Bendera" Optimis Bur-Nojeng Menang

Ia menambahkan, nantinya para
petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT). Terakhir, hasil disinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4).

“Mereka akan datang door to door, untuk melakukan pencocokan. Di mana hasilnya akan menjadi dicocokan dengan DP4,” ujar Ana.

Di Indonesia sendiri, Pilkada serentak 2018 dilaksanakan di 171 daerah. Kegiatan coklit pada hari pertama tersebut akan dilakukan secara serentak. Kegiatan coklit sendiri akan berlangsung selama sebulan hingga 18 Februari 2018.

Baca Juga:  Bawaslu Ingatkan KPU se Sulsel Soal APK Peserta Pemilu

Untuk masyarakat yang ingin mengecek datanya sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih bisa mengecek melalui sms dengan format mengetik Nomor Induk Kependuduk (NIK) kirim ke 085399774477.

Data pemutakhiran penduduk terbaru ditargetkan rampung Maret mendatang, sehingga data masyarakat tentang DPT bisa hadir, dan masyarakat dapat mengecek statusnya. Data ini diharapkan dapat mendukung KPU dalam kelancaran semua tahap pemilu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.