Kram Saat Haid, Intip Lima Langkah Cara Mengatasinya

ilustrasi (trivia.co.id)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Buat sebagian perempuan, yang mengalami masa menstruasi, seringkali merasakan kram yang menyakitkan, sakit kepala kemudian payudara membengkak, serta efek samping lainnya. Sering kali akibat sakit yang dirasakan, menganggu aktifitas sehari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang sering ditimbulkan saat menstruasi datang. Mengutip dari Cantika.com berikut lima langkah yang dapat dilakukan untuk meredam sakit saat menstruasi

1.Olahraga
Olahraga bisa jadi hal yang paling terakhir dilakukan ketika menstruasi. Namun, menurut ahli endokrinologi Dr Anate Aelion Brauer, olahraga penghilang rasa sakit alami dari tubuh, serta dapat menaikkan suasana hati. “Ketika olahraga tubuh akan melepaskan endorphin,” jelasnya. Tidak perlu latihan kardio, cukup lakukan yoga dan tetap hati-hati dengan gerakan yang dapat menekan area senstif.

Baca Juga:  Sublime 3.0, Festival Kuliner dan Fashion Kembali Hadir di Makassar

2. Hindari Cokelat dan Kopi
Saat menstruasi biasanya yang paling sering dikonsumsi ketika menstruasi adalah dua hal ini. Tapi, Dr Brauer memiliki alasan lain. “Kopi dan cokelat memiliki kafein yang merupakan vasokonstriktor, yang dapat menyebabkan pembuluh darah makan rahim mengencang dan memperburuk kram,” jelasnya.

3.Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Jika kram sangat parah, dapat mengonsumsi pereda nyeri seperti ibuproden, setiap 6 jam dalam 48 jam sebelum menstruasi dimulai. “Ini dapat menurunkan prostaglandin, agen utama yang bertanggung jawab untuk rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan menstruasi,” jelas Dr Brauer.

Baca Juga:  Hardware MaRi Persembahkan Promo Selama Ramadhan

4. Minum banyak air
Selama menstruasi usahakan jangan sampai mengalami dehidrasi, karena retensi air yang berkurang dapat membuat kram terasa sangat buruk.

5. Kompres Kram dengan Air Panas
Sebuah Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University Collage London menemukan bahwa mengkompres tidak hanya menenangkan, tapi juga berfungsi seperti obat penghilang rasa sakit, serta menonaktifkan nyeri pada tingkat molekul.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.