Kunut Nazilah Kemenag Guna Tangkal Virus Corona

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat muslim di seluruh Indonesia untuk memperbanyak zikir dan melakukan Kunut Nazilah sekaitan dengan mewabahnya Virus Corona yang telah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia. 

Menindaklanjuti imbauan ini, jemaah salat Duhur di Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel yang diimami oleh Kabid Haji Kaswad Sartono melaksanakan kunut pada i’tidal rakaat terakhir, Selasa, 17 Maret 2020.

Inline Ad

Setelah salat dilaksanakan, jemaah lantas berzikir dan melafaskan doa, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiah oleh Kaswad lewat kultum yang memang akhir-akhir ini kembali digalakkan di Masjid yang berada di bagian belakang gedung Kanwil Kemenag Sulsel ini.

Baca Juga:  NU Makassar Gelar Lailatul Ijtima'

“Selama ini, doa kunut selalu dikaitkan sebagai salah satu ketentuan fikih pada salat. Doa ini selalu disisipkan di antara rakaat salat. Namun ternyata, doa kunut juga dapat digunakan saat seseorang dalam marabahaya,” ucap Kaswad mengawali tausiahnya.

Dia juga mengurai bahwa kunut terbagi menjadi tiga, yaitu Kunut Subuh, Kunut Nazilah, dan Kunut Witir.

“Kunut Subuh dibaca dalam salat Subuh pada i’tidal rakaat akhir, sedangkan Kunut Nazilah boleh dibaca pada setiap salat wajib 5 waktu lainnya. Adapun makna dari doa Kunut Nazilah ini lebih kepada meminta perlindungan dari marabahaya,” jelas Kaswad mengakhiri kultumnya. (rls)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.