Listyo Janji Polri Dorong Kesetaraan Gender

INIPASTI.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan Polri terus memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia termasuk karier Polwan di Korps Bhayangkara.

Listyo menerangkan sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri.

Inline Ad

Dilansir dilaman CNN, Hal tersebut diungkap Listyo saat membuka Konferensi Asosiasi Polwan Internasional ke-58 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu, 7 November 2021.

Konferensi Asosiasi Polwan Internasional di Labuan Bajo diikuti total 980 peserta baik secara langsung maupun secara online dari 39 negara. Peserta secara langsung berjumlah 446 peserta dari 17 negara dan 2 organisasi internasional.

“Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Kesetaaan gender harus kita perjuangkan terus seperti harapan kita semua,” tegas Kapolri di hadapan 446 peserta yang hadir secara langsung di Labuan Bajo.

Listyo mengatakan penyelenggaraan Konferensi Asosiasi Polwan Internasional ke-58 di Labuan Bajo merupakan bagian dari upaya Polri untuk terus mendorong kesetaraan gender.

“Oleh karena itu kita berharap kegiatan ini berjalan baik. Kegiatan ini sudah tentu menjadi ajang tukar menukar informasi Polwan dari berbagai negara,” tutur mantan Kabareskrim dan Kadiv Propam Polri tersebut.

Peserta Indonesia terdiri dari perwakilan dari masing-masing Polda dan Satuan di Mabes Polri. Perwakilan ini juga berasal dari berbagai tingkat pangkat dan bidang pekerjaan.

Mereka diharapkan menjadi pemimpin masa depan dan memimpin Polri dengan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang memuaskan serta memiliki jaringan yang lebih luas dengan aparat penegak hukum lainnya dari seluruh dunia.

“Kita patut bangga, karena dunia internasional percaya kepada kita untuk menyelenggarakan event internasional di masa pandemi Covid-19,” kata Listyo.

“Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan upaya penanganan Covid. Sejauh ini upaya kita berhasil terlihat dari angka-angka jauh di bawah angka yang ditetapkan WHO,” imbuhnya.

Konferensi Asosiasi Polwan Internasional akan berlangsung hingga 11 November 2021. Program penting dari konferensi ini adalah Training Sessions dimana terdapat 6 keynote meliputi Mendagri, Under-Secretary-General for Peace Operations dan 4 diantaranya adalah inspiring female leader dari tanah air seperti Menkeu, Menlu, Wamenparekraf, dan Wakapolda Kalimantan Tengah.

Selain itu terdapat 65 pembicara yang akan berbagi keahlian, pengetahuan, pengalaman, dan best practice. Tema utama yang di angkat dalam konferensi adalah “Women at the center stage of policing”.

Ada lima subtema lagi yang menjadi turunan yakni: Women, Peace, and Security; Women and Leadership; Police Women and Their; Challenges; The Role of Women in Policing; Science, Technology, and Policing; dan, Current Issues on Transnational Crimes (syakh/cnn)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.