Muhammad Lutfi Ajak Masyarakat Kota Bima Terapkan ‘Maja Labo Dahu’

Maja Labo Dahu adalah dasar kehidupan bernegara bagi bangsa Mbojo selama berabad-abad.

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Wali Kota Bima Muhammad Lutfi mengajak masyarakat Kota Bima untuk senantiasa menerapkan falsafah hidup “Maja Labo Dahu”. Setelah resmi menjabat pada September tahun lalu, Lutfi diketahui telah mengusung falsafah hidup itu sebagai moto kota Bima.

“Kita akan kembali ke moto yang lama saja, yang melekat pada daerah Bima, Maja Labo Dahu. Ini akan menjadi patokan saya dan bukan sembarang jargon saja, tapi mengandung nilai-nilai kearifan lokal,” kata Lutfi pada Oktober tahun lalu.

Saat membuka Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Pendidikan Tingkat Kota Bima Tahun 2019 pada 8 Februari lalu, Lutfi kembali menegaskan pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Maja Labo Dahu dan “Nggusu Waru”.

Baca Juga:  Ikatan Alumni APDN Makassar 1989 Dipimpin Duet Rasyid dan Muliati

Maja Labo Dahu adalah dasar kehidupan bernegara bagi bangsa Mbojo selama berabad-abad. Tatanan itu dibangun dari lima sikap masyarkat Mbojo, yaitu Maja, Dahu, Su’u Sawa’u Sia Sawale, Nggahi Rawi Pahu, dan Katoho mpara Weki sura Dou Ma Labo Dara.

Maja atau malu merupakan pijakan keimanan agar tak melakukan hal-hal yang melanggar norma adat serta agama. Duhu artinya hanya takut kepada Tuhan atau Allah SWT. Su’u Sawa’u Sia Sawale bermakna menjunjung tinggi amanah yang dibebankan serta bersifat jujur.

Sementara Nggahi Rawi Pahu yakni menyatukan kata serta perbuatan. Artinya tak ada pengingkaran di antara keduanya. Sedangkan Katoho mpara Weki sura Dou Ma Labo Dara bermakna tidak mementingkan diri sendiri atau kelompok, tapi memprioritaskan rakyat dan negeri. Boleh dibilang, tatanan terkahir mengandung ide tentang keadilan sosial.

Baca Juga:  Tips Mudik Lebaran Bersama Bayi

Nilai-nilai dan ajaran yang terkandung dalam Maja Labo Dahu dianggap sejalan dengan Pancasila. Keduanya saling melengkapi. Oleh sebab itu Lutfi mengajak masyarakat menerapakan falsafah Maja Labo Dahu dalam kesehariannya. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.