Makassar Disegani 1000 Kota ASEAN, Danny Pomanto: Rasanya Bangga

Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat menaiki lift di Marina Bay Sands lokasi acara ASCN di Singapura, Minggu, (8/7/2018).

INIPASTI.COM, SINGAPURA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkapkan rasa bangganya akan kita yang dinakhodainya. Betapa tidak, kota yang dikenal dengan Kota Daeng ini disebut-sebut disegani oleh 1000 kota yang tergabung dalam ASEAN. Hal itu ia ungkapkan usai mengikuti ASEAN Smart Cities Network (ASCN), di Marina Bay Sands level 5, Minggu, (8/7/2018).

Ia mengatakan bahwa Kota Makassar selalu disebut di setiap pidato ASEAN di Singapura dan sangat berkesan. Menurutnya, menjadi disegani di 1000 kota di ASEAN adalah prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi kota Makassar.

“Rasanya bangga membawa Kota Makassar menjadi disegani di 1000 kota di ASEAN. Mari kita lupakan politik dan bersama membangun masa depan Kota Makassar, kota kita semua,” pungkas wali kota berlatar belakang arsitek ini.

Danny sendiri mengikuti acara tersebut usai menjadi pembicara pada World City Summit 2018 sekaligus pada ASEAN Mayor Forum 2018, Sabtu 7 Juli 2018 kemarin. Kehadiran Makassar di forum tingkat ASEAN ini atas rekomendasi presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mendaulat kota ini sebagai kota pintar yang disampaikannya melalui KTT ASEAN bulan April 2018 lalu.

Baca Juga:  Swiss Sita Lukisan van Gogh dan Monet (4 dari 4)

“Kita diundang setelah presiden Jokowi mendaulat Makassar sebagai kota pintar pada KTT ASEAN, April 2018 kemarin,” ucap Danny sapaan Ramdhan Pomanto,

Danny pun mengaku kota yang dipimpinnya tersebut layak berada di forum ini. Salah satu pertimbangannya adalah berbagai inovasi dan prestasi dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir ini yang berhasil dicapai. Indikatornya bisa dilihat dari raihan sebanyak 140 penghargaan nasional dan internasional atas kinerja dan prestasi kota Makassar.

“Dan yang terpenting, peningkatan pertumbuhan ekonomi Makassar adalah yang tertinggi se-Indonesia dengan angka inflasi yang rendah,” beber Danny Pomanto.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, pada ASEAN Smart Cities Network di Singapura, Minggu, (8/7/2018).

Dalam pertemuan ini hadir perwakilan Nasional ASEAN Smart Cities Network (ASCN) dan Kepala Pejabat Kota Pintar, perwakilan dari mitra eksternal ASEAN, Bank multilateral, dan penyedia solusi sektor swasta. Acara ini diselenggarakan bersama oleh Kementerian Luar Negeri dan Pusat Kota-Kota Layak Huni, dalam kemitraan dengan Temasek Foundation Connects.

Baca Juga:  #5 – Kim Jong II (Kim II Sung)

Sebagai informasi, ASCN adalah pengiriman unggulan di bawah Kepemimpinan ASEAN 2018 di Singapura. ASCN didirikan oleh KTT ASEAN ke-32 pada bulan April 2018, dan terdiri dari 26 kota percontohan.

Pertemuan ini diharapkan untuk mendukung Kerangka Kerja Kota Cerdas ASEAN, yang menetapkan definisi ASEAN tentang sebuah smart city, serta menyelesaikan rencana aksi kota cerdas khususnya pada 26 kota percontohan yang dimaksud. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.