Makassar F8 tanpa bantuan Pemkot, Danny: Kita ikhlas kok

Press conference Makassar F8 di Jalan Amirullah No 3 Makassar, Selasa, (8/10/2019). (Foto : Resti Setiawati)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8 sempat menjadi perbincangan, sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membatalkan Top10 Wonderfull Indonesia tersebut.

Kendati demikian, pihak swasta berhasil mengadakan kembali F8 yang akan dilaksanakan di Citraland Losari Sunset Cove 8, JL Metro Tanjung Bunga Kota Makassar pada tanggal 11-13 Oktober 2019.

Tak hanya itu, perhelatan ini pun memiliki kontribusi yang besar terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Hal itu bisa dilihat dari pelaksanaan F8 tahun 2018 yang mencapai Rp21 miliar.

“Tahun lalu transaksi di arena F8 (belum termasuk hotel, restaurant, transportasi) yang dihitung oleh start-up MOKA berjumlah Rp21 miliar dengan jumlah pengunjung 2,5 juta,” ungkap penggagas F8, sekaligus Wali Kota Makassar periode 2014-2019, Danny Pomanto pada konferensi pers Makassar F8 di Jalan Amirullah No 3 Makassar.

Baca Juga:  Beauty Class, Ketua TP PKK: Harus  tampil cantik di setiap kesempatan

Menurutnya, perputaran uang akan sangat besar di perhelatan F8 ini. Maka, akan sangat menguntungkan bagi pemerintan kota dilihat dari meningkatnya transaksi hotel, restaurant, transportasi. Namun, Danny mengatakan, selama digagasnya F8 2019 ini, Pemkot Makassar tidak memberikan kontribusi sama sakali.

“Otomatis kalau masuk ke restoran, itu tidak kami campuri, sehingga jadi sumbangsi untuk Pemkot Makassar. Memang seperti itu walaupun misalnya kita tidak dibantu, kita juga ikhlas kok untuk membantu,” tuturnya

Lanjut Danny, terkait perputaran uang pada perhelatan F8 2019. Katanya, akan ada 170 booth berpartisipasi termasuk 40 penjual pisang epe. Ia yakin akan banyak, terlebih dengan target pengunjung sebanyak 1 juta selama tiga hari.

Baca Juga:  Jika Anda Temukan Setumpuk Buku di Atas Jembatan, Ini Sebabnya

“Saat ini ada sekitar 170 booth termasuk termasuk penjual 40 pisang epe. Saya yakin kok. Itu akan bermanfaat bagi mereka semua, karena saya lihat di media sosial ini sudah demam F8 kembali besok lagi kita hantam iklan jadi puncak demam yaitu pada tanggal 11 sampai 13 yang akan datang, apalagi banyak sekarang bintang Rising Star,” jelasnya.

Lebih lanjut, Danny menjelaskan alasan menurunkan target menjadi 1 juta pengunjung, lantaran waktu perhetan hanya salama 3 hari dan persoalan anggaran. Untuk itu, kali ini target pendapatan dari pelakasaan F8 ini sebanyak 8 Miliar.

(Resti Setiawati)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.