Mengenang almarhum Sutopo Purwo Nugroho

Top Ad

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari tadi.

Sang pejuang bencana itu meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru saat dirawat di rumah sakit di Guangzhou, China.

“Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau,” tulis Direktorat PRB melalui akun Twitter-nya, Minggu (7/7/2019).

Sutopo lahir di Boyolali pada 7 Oktober 1969. Putra dari pasangan Suharsono Harsosaputro dan Sri Roosmandari itu mulai bekerja di instansi pemerintah sejak tahun 1994. 

Almarhum didiagnosis sekitar awal Desember 2017. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia.

Baca Juga:  Selama 30 Tahun, Gadis ini hanya Hidup di Pembaringan

Sutopo mengawali karirnya di Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT) sebagai pegawai di bidang penyemaian awan. Lulusan Universitas Gadjah Mada dan IPB itu kemudian didapuk sebagai Kepala Bidang Teknologi Mitigasi Bencana, Pusat Teknologi Pengelolaan Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Saat bekerja di BPPT, Sutopo kemudian didaulat untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga bekerja penuh untuk lembaga tersebut.

Pada tahun 2010, dia dipercaya sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana. Di tahun yang sama pada bulan November, Sutopo kemudian didapuk sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB hingga saat ini.

Baca Juga:  Naas Dialami Volunteer Roki di Lombok Utara

Pejuang bencana itu, mengakhiri hayatnya dalam upaya pengobatan tentang kanker yang sudah berada pada posisi stadium IV, rumah duka beralamat di Raffles Hills Blok I6 No. 15 Harjamukti, Caimanggis, Sukatani – Tapos, Kota Depok Jawa Barat, innalillahi wa inna ilahi rajiun (bs/syakhruddin)

— 

email :
syakhruddin@gmail.com

HP/WA : 081 2424 5938

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.